Dua Lipa Setop Merokok Demi Jaga Kualitas Vokal untuk Persiapan Konser

Hestianingsih - wolipop Kamis, 19 Mei 2022 05:30 WIB
Dua Lipa arrives at the 64th Annual Grammy Awards at the MGM Grand Garden Arena on Sunday, April 3, 2022, in Las Vegas. (Photo by Jordan Strauss/Invision/AP) Dua Lipa di Grammy Awards 2022. Foto: Jordan Strauss/Invision/AP
Jakarta -

Suara merupakan aset paling penting bagi seorang penyanyi, termasuk Dua Lipa. Maka demi menjaga kualitas vokalnya, pelantun lagu 'One Kiss' ini memutuskan berhenti merokok.

Keputusannya untuk menjalani hidup yang lebih sehat dengan berhenti merokok disebabkan karena penyakit laringitis yang dideritanya. Ia pun harus berhenti merokok demi melindungi suaranya untuk persiapan konser tur 'Future Nostalgia'.

"Aku mengalami laringitis pada Desember dan itu yang memicuku untuk berhenti merokok satu bulan lebih awal dari seharusnya. Aku melakukannya dan harus sampai sekarang," ujar Dua Lipa seperti dikutip dari Female First.

Laringitis merupakan kondisi yang terjadi akibat munculnya bengkak di laring (kotak pita suara) dan meradang. Adanya bengkak di laring biasanya diakibatkan oleh pilek, demam, flu, bronkitis atau sesimpel penggunaan berlebihan, misalnya karena menyanyi.

Gejala laringitis umumnya ditunjukkan dengan radang tenggorokan, demam kecil, suara parau, susah berbicara, batuk kering, keinginan untuk berdeham terus-menerus, dan kelenjar bengkak di tenggorokan.

Seperti dikutip dari detikHealth, meskipun laringitis biasanya disebabkan oleh virus, namun juga bisa jadi dampak panjang atau kronis dari merokok dan konsumsi alkohol berlebihan. Selain itu, refluks asam lambung juga bisa memicu, asam naik dari perut ke tenggorokan dan masuk ke laring bisa membuatnya iritasi dan hilangnya suara.

Alergi, cedera tenggorokan (misal dipukul), menghirup asap kimia dan penyakit sinus juga berisiko menyebabkan laringitis. Beberapa kondisi kesehatan seperti kanker juga bisa menjadi salah satu penyebab suara menghilang.



Simak Video "Dua Lipa dan Anwar Hadid Dikabarkan Putus"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)