8 Cara Menguruskan Badan Tanpa Diet atau Olahraga, Simpel!

Anggi Mayasari - wolipop Minggu, 15 Mei 2022 13:00 WIB
Weight Gain. Unhappy Girl Touching Drooping Belly Standing In Front Of Mirror At Home. Empty Space, Selective Focus Cara menguruskan badan tanpa diet. Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio

Jakarta -

Berpegang teguh pada diet dan rencana olahraga untuk menguruskan badan bisa jadi hal sulit. Namun, ada cara menguruskan badan tanpa diet dan berolahraga. Apa saja?

Ada beberapa tips terbukti yang dapat membantu kamu makan lebih sedikit kalori dengan mudah. Ini adalah cara efektif untuk menguruskan badan, serta untuk mencegah kenaikan berat badan di masa depan.

Berikut ini cara menguruskan badan tanpa diet atau olahraga:

1. Kunyah Pelan-pelan

Otak membutuhkan waktu untuk memproses bahwa kamu sudah cukup makan. Seberapa cepat kamu menyelesaikan makananmu dapat mempengaruhi berat badanmu.

Seperti dikutip dari Healthline Sebuah tinjauan dari 23 studi observasional melaporkan bahwa pemakan cepat lebih mungkin untuk menambah berat badan daripada pemakan lambat. Pemakan cepat juga jauh lebih mungkin untuk menjadi gemuk.

Untuk membiasakan makan lebih lambat, mungkin membantu untuk menghitung berapa kali kamu mengunyah setiap gigitan. Makan makananmu secara perlahan dapat membantu kamu merasa lebih kenyang dengan lebih sedikit kalori. Ini adalah cara mudah untuk menguruskan badan dan mencegah penambahan berat badan.

2. Makan Pakai Piring Kecil

Tren ini dapat berkontribusi pada penambahan berat badan, karena menggunakan piring yang lebih kecil dapat membantu makan lebih sedikit dengan membuat porsi terlihat lebih besar. Di sisi lain, piring yang lebih besar dapat membuat porsi terlihat lebih kecil, sehingga kamu harus menambahkan lebih banyak makanan.

Piring yang lebih kecil dapat menipu otak untuk berpikir bahwa kamu makan lebih banyak dari yang sebenarnya. Oleh karena itu, pintar-pintarlah mengonsumsi makanan dari piring yang lebih kecil, sehingga membuat kamu makan lebih sedikit.

3. Makan Banyak Protein

Protein memiliki efek kuat pada nafsu makan. Ini dapat meningkatkan perasaan kenyang, mengurangi rasa lapar dan membantu makan lebih sedikit kalori. Beberapa contoh makanan kaya protein termasuk dada ayam, ikan, yogurt, dan almond.


4. Makan Makanan Kaya Serat

Makan makanan kaya serat dapat meningkatkan rasa kenyang, membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Ini adalah salah satu cara menguruskan badan tanpa diet atau olahraga. Contoh makanan kaya serat ditemukan dalam makanan nabati, termasuk kacang-kacangan, sereal gandum, kubis Brussel, asparagus, jeruk dan biji rami.

(eny/eny)