7 Olahraga untuk Mengecilkan Perut Buncit, Hempas Lemak Setelah Lebaran

Tim CNN Indonesia - wolipop Sabtu, 07 Mei 2022 16:30 WIB
Perut Buncit Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Puasa 30 hari berat badan turun tapi libur Lebaran seminggu ini berat badan naik. Yuk lakukan gerakan olahraga untuk mengecilkan perut buncit berikut ini.

Kenapa perut buncit perlu dikecilkan? Seperti dikutip dari HealthLine, lemak perut atau disebut sebagai lemak visceral merupakan faktor risiko utama penyebab diabetes tipe 2, sakit jantung, gangguan metabolik, dan penyakit serius lainnya.

Jadi jangan ragu lagi untuk mulai olahraga demi mengecilkan perut buncit. Apalagi selama libur Idul Fitri 2022 ini kamu makan berlebih mulai dari yang banyak mengandung gula, santan dan lemak.

Berikut tujuh gerakan olahraga mengecilkan perut buncit:

1. Burpees

Burpees diklaim dapat mempercepat pembakaran lemak perut daripada gerakan olahraga lainnya jika dilakukan secara teratur.

Selain membakar lemak, gerakan burpees membantu membangun otot yang kuat dan meningkatkan metabolisme sepanjang hari.

Berdasarkan penelitian American College of Sports Medicine dalam Men's Health, melakukan gerakan burpees 10 repetisi sama efektifnya dalam meningkatkan metabolisme seperti lari cepat selama 30 detik.

2. Plank

Plank efektif mengecilkan perut buncit lantaran melibatkan banyak otot sekaligus membakar lemak di area perut.

Rutin melakukan plank juga bermanfaat memperbaiki postur tubuh, mengurangi sakit punggung, membuat badan lebih lentur, serta perut jadi lebih kencang.

Terdapat sejumlah variasi gerakan plank yang dapat ditiru, antara lain plank leg lift, side plank, arm plank, dan sebagainya, merujuk Shape.

3. Russian twist

Gerakan olahraga untuk mengecilkan perut buncit selanjutnya adalah Russian twist. Merujuk Healthline, gerakan ini juga bermanfaat memperbaiki postur mulai dari bahu hingga punggung bawah.

Kendati gerakannya tampak sederhana, namun Russian twist dapat membuat otot yang terlibat berkontraksi dan membuat perut lebih kencang.

Untuk pemula, disarankan tidak langsung mencoba gerakan ini dengan memegang beban berat seperti dumbel agar terhindar dari keseleo dan nyeri.

4. Mountain climbers

Mountain climbers merupakan gerakan olahraga yang sempurna untuk mengecilkan perut buncit dan membuatnya rata, terutama perut bagian bawah.

Mountain climbers merupakan salah satu gerakan dalam latihan HIIT yang efeknya sama seperti latihan kardio serta melatih otot paha dan bokong pada saat bersamaan.

Gerakan ini pun minim risiko cedera sendi dan lutut. Jika kamu pemula, mulai 10-15 kali gerakan mountain climbers tanpa henti, lalu tingkatkan jumlahnya secara bertahap.

Gerakan olahraga lainnya untuk mengecilkan perut buncit bisa KLIK DI SINI.

(eny/eny)