7 Olahraga Mengecilkan Perut, Bisa Dilakukan Sambil Tiduran

Arina Yulistara - wolipop Sabtu, 19 Mar 2022 14:32 WIB
Olahraga mengecilkan perut. Foto: Dok. Istock. Olahraga mengecilkan perut. Foto: Dok. Istock.
Jakarta -

Ingin konsentrasi pada olahraga mengecilkan perut? Mungkin bisa mencoba beberapa olahraga mengecilkan perut di bawah ini.

Mungkin banyak wanita yang mencari gerakan olahraga mengecilkan perut agar cepat terlihat langsing. Meski sebenarnya tak ada yang khusus namun beberapa wanita masih percaya olahraga mengecilkan perut bisa membuat mereka lebih semangat latihan.

Jika memang olahraga mengecilkan perut bisa membuatmu lebih banyak bergerak maka lakukanlah. Kamu bisa mencoba beberapa olahraga mengecilkan perut dengan gerakan fokus pada otot sekitar perut.

Mengutip dari Healthline, berikut olahraga mengecilkan perut yang bisa kamu coba di rumah. Beberapa gerakan olahraga mengecilkan perut memang dilakukan sambil tiduran lho:

1. Pilates Hundred

Woman exercising pilates on sunny day. Hundred exercise.Woman exercising pilates on sunny day. Hundred exercise. Foto: Dok. Istock.

Salah satu olahraga mengecilkan perut yang bisa kamu coba adalah pilates hundred. Olahraga mengecilkan perut ini menargetkan otot perut bagian dalam sehingga membantumu lebih cepat langsing.

Gerakan olahraga mengecilkan perut, pilates hundred, dilakukan sambil tiduran di atas matras yoga. Kemudian angkat kedua kaki ke atas dengan tubuh membentuk 90 derajat.

Setelah itu, tekuk lutut seperti sedang di letakkan di atas meja. Angkat dada dan punggung bagian atas untuk melatih otot perut. Pompa lengan atas ke bawah sambil menahan dada dan leher agar tidak menyentuh lantai. Ulangi 2 atau 3 kali.

2. Scissor Switch

Olahraga mengecilkan perutOlahraga mengecilkan perut Foto: youtube

Olahraga mengecilkan perut selanjutnya bisa mencoba gerakan scissor switch. Cara melakukan olahraga mengecilkan perut ini dengan telentang di atas matras yoga.

Kemudian letakkan kedua tangan di belakang kepala. Angkat kedua kaki ke atas dan gerakan naik-turun bergantian (kanan dan kiri) sehingga posisinya membentuk seperti gunting. Ulangi 20 kali.

3. Jackknife Crunch

Group of athletic men doing toe touch crunch workout exercise outdoors on building rooftop floorOlahraga mengecilkan perut. Foto: Dok. Istock.

Jackknife crunch merupakan latihan melantai yang melibatkan perut bagian bawah. Gerakan olahraga mengecilkan perut ini mungkin terasa sederhana pada awalnya tapi setelah beberapa repetisi, kamu akan merasakan bagaimana mereka mengencangkan bagian perutmu.

Cara melakukannya dengan berbaring telentang di atas matras yoga. Kemudian luruskan tangan dan kaki. Angkat keduanya bersamaan dengan posisi lurus saling berlawanan sehingga telapak tangan menyentuh bagian lututmu. Ulangi 20 repetisi.

4. HIIT

Muscular sports men doing plank leg raise exercise in the open air on building rooftopOlahraga mengecilkan perut. Foto: Dok. Istock.

HIIT juga menjadi salah satu olahraga mengecilkan perut yang ampuh menurut sains. Berdasarkan penelitian, orang dewasa yang berpartisipasi dalam olahraga mengecilkan perut, HIIT, tiga kali seminggu melihat hasil yang sama dengan orang yang melakukan sesi kardio sedang selama 30 menit setiap hari.

Pelatih selebriti dan ahli nutrisi Jillian Michaels mengatakan bahwa melakukan berbagai latihan yang menggabungkan kardio, kekuatan, dan otot inti pada akhirnya akan membantumu mengurangi lemak tubuh, terutama pada area perut.

"Saya penggemar berat latihan yang berfokus pada inti tapi melatih beberapa kelompok otot secara bersamaan dengan komponen HIIT untuk menambah pembakaran kalori," kata Michaels seperti dilansir dari Preventions.

Apalagi olahraga mengecilkan perut? KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2