7 Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Olahraga

Lukita Wardani - wolipop Senin, 24 Agu 2020 19:05 WIB
group of smiling people dancing in gym or studio Cara mengecilkan perut buncit dengan olahraga. Foto: Getty Images/iStockphoto/MangoStar_Studio
Jakarta -

Memiliki perut buncit memang mengganggu bagi sebagian orang. Banyak yang berusaha menghilangkan perut buncitnya namun selalu gagal.

Padahal perut rata adalah impian semua orang kan? Lalu bagaimana caranya mendapatkan perut yang tidak buncit dalam waktu singkat? Berikut cara mengecilkan perut buncit dengan olahraga yang bisa dilakukan pria maupun wanita:

1. Lari atau Berjalan Kaki

Mulai bergerak untuk berolahraga adalah hal yang penting untuk dimulai. Tidak ada cara lain untuk menghilangkan lemak kamu jika tidak mulai bergerak.

Saat kamu berolahraga, kalori dibakar dan persentase lemak tubuh akan menurun. Jadi, berolahraga tidak hanya membantu menghilangkan lemak perut, tetapi juga membuang lemak dari area lain. Berlari dan berjalan adalah dua latihan pembakaran lemak terbaik. Plus, satu-satunya yang tidak membutuhkan banyak perlengkapan, cukup sepasang sepatu. Jika dibandingkan, berlari dan berjalan yang membakar kalori lebih banyak yaitu berlari.

2. Memakai Elliptical Trainer

Beberapa dari kamu mungkin tidak lagi memiliki persendian yang kuat sehingga tidak bisa melakukan jogging. Namun berjalan kakipun tidak membakar kalori banyak sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk menghilangkan perut buncit. Jika kamu tetap lebih memilih berjalan kaki sebagai olahraga, kamu bisa menggunakan alat olahraga Elliptical Trainer. Seperti dikutip dari Times of India, alat yang juga dikenal dengan nama Cross Trainer ini memberikan latihan kardio yang intens dan berdampak rendah. Seseorang dapat membakar sekitar 300 kalori dalam 30 menit dengan alat olahraga tersebut. Itu sama banyaknya dengan kalori yang terbakar saat berlari, tetapi tanpa kerusakan sendi.

3. Bersepeda

Bersepeda adalah latihan kardio yang memberikan dampak baik. Pembakaran kalori tergantung pada kecepatan dan intensitas, rata-rata orang dapat membakar antara 250 hingga 500 kalori selama 30 menit bersepeda.

Asian men are cycling road bike in the morningBersepeda bisa jadi cara mengecilkan perut buncit. Foto: Thinkstock

Dalam sebuah studi baru-baru ini, latihan otot perut yang paling baik untuk menghilangkan lemak di perut ialah latihan sepeda atau bersepeda karena membutuhkan stabilisasi perut, rotasi tubuh, dan lebih banyak aktivitas otot perut. Kamu juga bisa lakukan di tempat gym yang menyediakan alat sepeda untuk melakukan hal tersebut.

4. Chair Leg Raise (Melakukan Gerakan Sepeda Dengan Tiduran)

Cara mengecilkan perut buncit dengan olahraga hanya dalam waktu satu minggu dengan melakukan chair leg raise. Kamu bisa melakukan gerakan ini dengan cara berbaring telentang dengan tangan di belakang kepala. Kemudian angkat lutut ke dada sambil mengangkat kepala dan bahu dari lantai. Bawa siku kanan ke lutut kiri dan luruskan kaki kanan.

Beralih sisi, bawa siku kiri ke lutut kanan dan luruskan kaki kiri. Lanjutkan berpindah sisi untuk mensimulasikan gerakan mengayuh. Napas harus santai dan, lakukan latihan ini 1-3 set dengan 12-16 pengulangan.

5. Latihan Ball Crunch

Cara melakukannya yaitu dengan berdiri di kursi dan pegang palang tangan. Jaga agar punggung tetap rata dengan bantalan sambil mengangkat lutut ke dada. Lalu turunkan kaki ke bawah. Untuk menambah intensitas, pertahankan kaki tetap lurus saat kamu mengangkatnya. Lakukan 1-3 set dengan 12- 16 pengulangan.

6. Latihan Vertical Leg Crunch

Kamu bisa melakukan latihan vertical leg crunch untuk membakar lemak perut kamu. Caranya dengan berbaring di atas bola sehingga punggung bawah kamu ditopang dan kaki tertanam kuat di tanah. Letakkan tangan di depan dada atau di belakang kepala.

Kontraksikan perut dan angkat tubuh ke atas dan ke depan. Turunkan punggung ke bawah. Jaga agar bola tetap stabil selama setiap pukulan. Buang napas saat kamu crunch; tarik napas saat menurunkan punggung. Lakukan 1-3 set dengan 12-16 pengulangan.

Lakukan latihan ini dengan benar yaitu jaga kaki kamu tetap lurus agar membuat otot perut bekerja lebih keras sehingga meningkatkan intensitas latihannya.

7. Reverse Crunch

Latihan ini termasuk cara ampuh menghilangkan perut buncit yang efektif. Caranya ialah berbaring dengan tangan di belakang kepala. Tempatkan kaki lurus ke atas dengan lutut disilangkan. Flex abs untuk mengangkat kepala dan bahu dari lantai. Baring kembali. Jaga agar kaki tetap terentang di udara sepanjang waktu. Buang napas saat melenturkan; tarik napas saat berbaring. Lakukan 1-3 set dengan 12-16 repetisi.

Itu tadi tujuh cara mengecilkan perut buncit dengan olahraga dalam waktu yang singkat. Kuncinya lakukan dengan konsisten dan semangat.



Simak Video "Penting! Jangan Lupa Foto Kondisi Paket Saat Terima Belanjaan Online"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)