ADVERTISEMENT

Studi: Jus Ketumbar Terbukti Bantu Pangkas Lemak dan Tingkatkan Metabolisme

Hestianingsih - wolipop Kamis, 10 Feb 2022 08:00 WIB
Young beautiful woman standing in the refrigerator door in fitness clothes and drinking green juice while looking at the camera. Daun ketumbar. Foto: iStock
Jakarta -

Green juice atau jus sayuran dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Jus dari sayuran hijau ini juga diyakini dapat membantu menurunkan berat badan. Benarkah demikian?

Menurut pakar kesehatan Ieva Kubiliute, jus sayuran hijau memang bermanfaat bagi kesehatan. Namun ada satu sayuran spesifik yang efektif memangkas lemak, terutama lemak visceral yang menutupi organ dalam tubuh.

Ieva menyarankan untuk mengonsumsi jus ketumbar. Pakar kesehatan yang juga seorang psikolog ini mengklaim bahwa daun, biji, bunga hingga buah ketumbar kaya akan antioksidan yang bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mempercepat metabolisme.

"Jus ketumbar populer karena manfaatnya menurunkan berat badan dengan cepat. Jus ini bekerja dengan meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga bisa membakar lebih banyak kalori," tutur Ieva seperti dikutip dari Daily Star.

Young beautiful woman standing in the refrigerator door in fitness clothes and drinking green juice while looking at the camera.Foto: Istock

Berdasarkan hasil studi yang diterbitkan di Journal of Agriculture & Biology, para peneliti menemukan keterkaitan antara konsumsi jus ketumbar secara rutin dengan berkurangnya lemak visceral di dalam tubuh. Dalam uji coba terhadap tikus yang diberi suplementasi ketumbar tumbuk selama lima minggu, terjadi perubahan terhadap lemak visceral di dalam tubuh tikus. Diet jus ketumbar secara signifikan meningkatkan rasio asam lemak omega 3 dan omega 6 pada jaringan adiposa visceral.

"Suplementasi ketumbar meningkatkan kadar asam lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda pada jaringan adiposa (berperan dalam penyimpanan energi dalam bentuk lemak) visceral," jelas peneliti.

Penelitian memang tidak dilakukan pada manusia, meski begitu, bisa juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari terutama untuk diet. Ieva mengatakan jus ketumbar mungkin rasanya tidak terlalu enak. Tapi tetap bisa dinikmati dengan menambahkan bahan-bahan lain.

daun ketumbarDaun ketumbar. Foto: Getty Images

"Mencampurkannya dengan jus lemon bisa membuat rasanya lebih bisa diterima dan memberi efek tambahan bagi kesehatan," saran Ieva.

Jika ingin memulai diet dengan cara ini, sebaiknya jangan hanya mengandalkan pada konsumsi jus ketumbar saja. Gaya hidup sehat dan diet dengan nutrisi seimbang tetap harus dijalankan.

Selain itu yang perlu diketahui, lemak visceral yang menumpuk di dalam tubuh merupakan hasil dari akumulasi gaya hidup tidak sehat. Jadi olahraga secara rutin juga penting dilakukan untuk membantu mempercepat penurunan berat badan.



Simak Video "Momen Kocak Kucing Ganggu Vinicius Jr saat Jumpa Pers"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)