Cara Diet Rendah Gula untuk Turun Berat Badan dan Hidup Lebih Lama

Arina Yulistara - wolipop Senin, 24 Jan 2022 14:45 WIB
Ilustrasi cara diet rendah gula. Foto: Getty Images/AsiaVision Ilustrasi cara diet rendah gula. Foto: Getty Images/AsiaVision
Jakarta -

Kamu mau diet rendah gula? Ada sederet cara diet rendah gula yang bisa membantu menurunkan berat badan dan hidup lebih lama

Cara diet rendah gula bisa membantumu menurunkan berat badan dan mengurangi risiko penyakit berbahaya, mulai dari obesitas hingga jantung. Untuk itu, banyak wanita yang mencari cara diet rendah gula.

Ada pun cara diet rendah gula yang melibatkan pengurangan asupan gula dan pemanis tambahan. Tidak hanya itu, kamu juga perlu mengurangi makanan yang mengandung banyak gula.

Diet rendah gula banyak disukai karena mudah diatur daripada diet tanpa gula sama sekali. Cara diet rendah gula dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, seperti penurunan berat badan dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Tujuan utama menerapkan cara diet rendah gula untuk mempertahankan tingkat glukosa yang sehat dalam tubuh. Mengikuti cara diet rendah gula dapat membantu membuatmu lebih sadar akan asupan gula harian serta menciptakan cara makan semakin sehat dan seimbang.

"Diet rendah gula fokus pada pengurangan gula alami dan gula tambahan dalam makanan. Para ahli sepakat bahwa membatasi gula tambahan memiliki banyak manfaat, mulai dari pemeliharaan berat badan hingga kesehatan jantung. Perlu diingat bahwa makanan dengan gula alami, seperti buah, masih bisa menjadi pilihan yang baik serta bagian dari diet sehat," jelas pakar diet Chrissy Carroll, RD, MPH, seperti dilansir dari Verywell Fit.

Bagaimana aturan cara diet rendah gula?

Sejarah diet rendah gula

Sedikit informasi mengenai cara diet rendah gula yang menjadi respon terhadap diet rendah lemak. Diet rendah lemak sudah dilakukan sejak tahun 1960-an. Kala itu, banyak dokter percaya bahwa cara diet tersebut bisa membantu banyak orang dengan kesehatan buruk.

Kemudian disukai oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan walaupun mereka dalam keadaan sehat. Pada 1990-an. produsen mulai menawarkan berbagai produk makanan rendah lemak atau tanpa lemak. Namun sebagai gantinya, seringkali mengandung lebih banyak gula.

Di awal 2000-an, kemudian program diet mulai berkembang dan beralih pada diet rendah karbohidrat dan cara diet rendah gula. Diet rendah gula sangat penting bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes dan jantung.

Ini karena kelebihan gula dalam tubuh bisa berubah menjadi timbunan lemak dan menyebabkan penyakit hati berlemak. Untuk itu, banyak orang menjalani cara diet rendah gula yang tak hanya demi menurunkan berat badan tapi juga hidup lebih sehat.

Seperti diet Mediterania dan DASH, cara diet rendah gula juga dipercaya bisa membantu orang memiliki umur panjang karena terhindar dari penyakit berbahaya.

Makanan yang Dikonsumsi Saat Diet Rendah Gula

Secara umum, cara diet rendah gula dilakukan dengan menghindari tambahan gula dan makanan tinggi karbohidrat yang terurai menjadi gula di dalam tubuh. Salah satu cara terbaik diet rendah gula adalah membaca label dengan cermat dan mencari gula yang tersembunyi.

Banyak orang membeli makanan dan minuman tanpa memeriksa kandungan gula. Mengetahui kandungan makanan yang harus dikonsumsi dan makanan untuk dihindari akan membuat gaya hidup rendah gula jauh lebih bisa dilakukan.

Cara diet rendah gula tidak terlalu mengatur waktu makan, yang penting bisa menjaga kadar gula darah agar tidak lemah. Untuk mempertahankan tingkat energi yang memadai, cara diet rendah gula sering mengharuskan makan setiap 3 hingga 4 jam, baik makanan berat maupun camilan.

Coba tambahkan sumber protein tanpa lemak ke sarapanmu saat melakukan cara diet rendah gula. Misalnya saja pilih telur rebus dan sayuran hijau seperti bayam, serta camilan lemak sehat seperti kacang-kacangan atau biji-bijian untuk meningkatkan rasa kenyang.

Berikut makanan yang disarankan saat menjalani cara diet rendah gula:

1. Sayuran Hijau

Sayuran hiijau kaya akan vitamin dan nutrisi yang berpengaruh sangat kecil pada kadar gula darah. Contohnya saja, bayam dan kangkung merupakan sayuran kaya vitamin yang menyediakan vitamin A, kalium, kalsium, serat, dan protein.

Cara diet rendah gula, apalagi makanan yang bisa dikonsumsi? KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2