Ini Dia Diet Alternatif Pengganti Gula

- wolipop Selasa, 25 Okt 2011 09:59 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta - Bagi Anda yang menyenangi makanan atau minuman manis, kini bisa mengonsumsi gula tanpa rasa bersalah. Gula yang dimaksud tentu saja bukan gula pasir atau pemanis buatan rendah kalori.

Dilansir oleh She Knows, ada cara yang lebih menyehatkan dan alami untuk menambahkan rasa manis ke dalam makanan atau minuman. Selain mudah dibuat, pemanis yang satu ini bisa digunakan berhari-hari selama ia disimpan di dalam kulkas.

Cara diet ini populer dengan nama 'Fruit Juice Reduction', atau mengurangi konsumsi gula dengan jus buah segar. Untuk pemula, jus yang bisa dibuat adalah apel dan anggur. Kupas kulit dan buang bijinya, lalu blender daging buahnya dan kemudian disaring. Anda akan mendapatkan sari pati buah yang sangat manis.

Sari buah ini bisa dicampurkan ke dalam makanan atau minuman sebagai pengganti gula dan dapat digunakan berulang kali selama ia disimpan di lemari pendingin dan terjaga kebersihannya. Dua jenis buah ini baik untuk pemula karena rasanya tidak akan merubah rasa asli makanan. Setelah Anda terbiasa, baru kemudian bisa bereksperimen dengan buah lainnya.

Jus buah sebagai pengganti gula ini juga baik digunakan sebagai pemanis kue. Menurut Janice Newell, MS, RD, pemanis ini juga bisa digunakan sebagai saus manis untuk kue yang bisa dimakan langsung. Kuncinya adalah, pemanis ini harus selalu disimpan dalam temperatur dingin agar kesegaran dan warnanya tidak berubah.

Bila sari pati yang dihasilkan terasa terlalu cair dan kurang manis, Anda bisa memanaskannya hingga menjadi lebih pekat dan kental. Cara memanaskannya bisa dengan direbus di panci maupun dipanaskan di dalam microwave. Sesuaikan hingga kepekatannya cukup agar terhindar dari kegosongan.

(fer/eny)