Diet Gula Demi Tubuh Lebih Indah

- wolipop Jumat, 26 Mar 2010 18:31 WIB
Jakarta - Makanan manis bergula memang sedap. Namun terlalu banyak mengkonsumsi gula bisa berbahaya bagi kesehatan Anda. Yuk mulai kurangi konsumsi gula.

Keinganan makan gula dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya kelelahan fisik, kadar serotin rendah. Mengidam makanan manis bisa juga disebabkan dari keadaan psikologis, misalnya saat stress, depresi dan bosan.

Keinganan untuk makan gula dan yang manis-manis kadang sering tak bisa terelakkan. Berikut beberapa trik efektif untuk mengurangi keinginan mengkonsumsi makanan manis.

1. Makan Sarapan yang Sehat
Sarapan yang sehat akan mencegah keinganan makan manis. Pastikan makanan Anda mengandung karbohidrat, protein dan serat. Sertakan sereal, susu rendah lemak, telur rebus dan buah sebagai menu sarapan Anda.

2. Makan Secara Teratur

Dengan makan secara teratur akan menyeimbangkan gula darah Anda dan meningkatkan energi. Cobalah untuk makan-makanan ringan setiap 3 atau 4 jam, seperti makan buah-buahan, yogurt atau biskuit gandum.

3. Minum Teh Herbal
Teh herbal memiliki rasa ringan yang dapat mengekang keinginan untuk makan manis. Selain itu teh herbal juga mengandung antioksidan yang berguna bagi kesehatan juga kecantikan.. Tinggalkan minuman yang mengandung kafein karena akan semakin memperkuat keinginan mengkonsumsi sesuatu yang manis.

4. Kunyah Permen Karet

Penelitian menunjukkan bahwa permen karet membantu mengurangi keinginan makan manis, selain itu permen karet juga bermanfaat untuk mengurangi jumlah kalori. Bahkan menurut penelitian permen karet dapat menahan lapar sampai tiga jam.

5. Alihkan Keinginan

Keinginan untuk makan manis juga dipicu oleh faktor psikologis. Saat Anda ingin makan manis alihkan diri Anda dengan membaca buku atau olahraga. Biasanya keinganan atau 'ngidam' ini hanya berlangsung sekitar 10 sampai 20 menit.

(kik/kee)