Ini Manfaat Omega 3 untuk Kesehatan Orang Dewasa dan Anak-anak

Eny Kartikawati - wolipop Minggu, 06 Jun 2021 13:01 WIB
Young beautiful brunette woman wearing casual sweater over isolated red background smiling in love doing heart symbol shape with hands. Romantic concept. Manfaat omega 3 untuk dewasa dan anak-anak. Foto: Getty Images/iStockphoto/AaronAmat
Jakarta -

Omega 3 termasuk salah satu nutrisi yang belakangan banyak dikonsumsi demi menjaga kesehatan tubuh. Sebenarnya apa manfaat Omega 3?

Omega 3 merupakan asam lemak baik yang memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh manusia. Omega 3 salah satunya dapat menjaga kesehatan jantung.

Omega 3 dibutuhkan sejak dini oleh orang dewasa muda karena menurut penelitian tingkat stres pada usia muda mencapai 60% dari populasi usia 18-24 tahun. Selain itu, dari seluruh pasien dewasa muda berusia di bawah 55 tahun yang dirawat di rumah sakit, ditemukan adanya prevalensi penyakit jantung sebesar 23%.

Berikut selengkapnya manfaat Omega 3 untuk orang dewasa:

1. Meningkatkan kelancaran aliran darah di otak, sehingga mengatasi gejala depresi dan kecemasan, memperbaiki mood, dan mengurangi resiko munculnya demensia (pikun).

2. Membantu melancarkan peredaran darah di jantung sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

3. Selain itu, Omega 3 mempertahankan kesehatan sel tubuh, sehingga dapat mencegah munculnya penyakit tidak menular seperti stroke, diabetes, dan obesitas.

Tak hanya untuk orang dewasa, Omega 3 juga bermanfaat bagi anak-anak. Sebagai asam lemak baik, sebanyak lebih dari 40% kandungan pada omega-3 digunakan sebagai unsur penyusun dinding sel neuron yang terdapat di otak.

Berikut manfaat Omega 3 untuk anak-anak:

1. Jurnal dalam PubMed mengungkapkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa asam lemak Omega 3 dapat meningkatkan fungsi otak dan suasana hati pada anak-anak.

2. Omega 3 sangat baik dalam meningkatkan kecerdasan anak, termasuk mempertajam daya tangkap dan daya ingatnya.

3. Omega 3 juga membantu menjaga kesehatan mata anak dengan meningkatkan ketajaman visualnya.

Dengan banyaknya manfaat Omega 3 itu tak ada salahnya kamu memasukkan nutrisi ini ke dalam asupan harian. Omega 3 alami terkandung dalam makanan seperti berbagai jenis ikan yaitu ikan salmon, ikan patin, ikan sarden dan ikan tuna. Makanan lainnya yang mengandung Omega 3 di antaranya, kacang kenari, chia seed, telur Omega 3 dan makanan laut seperti cumi dan udang.

Normalnya, anak-anak dan dewasa perlu mengonsumsi Omega 3 setiap harinya yang bisa diperoleh dari makanan sehari-hari. Jumlah itu setara dengan udang dan kepiting sebanyak dua genggaman tangan orang dewasa, atau semangkuk besar ikan tuna, atau ikan salmon sebesar satu genggam tangan, atau ikan kembung sebesar dua genggam tangan.

Namun tak semua orang dapat memenuhi jumlah Omega 3 dari makanan. "Untuk memastikan kecukupan harian Omega 3 pada anak dan orang dewasa dapat terpenuhi, dapat dibantu dengan mengonsumsi suplemen Omega 3," ujar Nutrition Expert YOUVIT Puteri Aisyaffa, S.Gz, RD dalam peluncuran YOUVIT Omega 3.



Simak Video "Sosok Erina Gudono yang Dikabarkan Tengah Dekat dengan Kaesang"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)