Sepi Job dan Tak Mampu Beli Pembalut, Musisi Ini Puasa Demi Setop Menstruasi

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 12 Nov 2021 17:45 WIB
endang hyder Foto: Instagram @endanghyder
Jakarta -

Seorang pemain biola membeberkan pengalaman pahitnya saat hidup dalam kemiskinan. Musisi bernama Endang Hyder itu menjadi bukti bahwa siapa saja bisa mengalami keterbatasan ekonomi, terutama selama pandemi COVID-19. Endang pun membagikan cara ekstremnya sendiri untuk bertahan dalam keadaan sulit. Ia mengaku sampai puasa demi menghindari menstruasi.

Beberapa waktu ini, isu mengenai 'kemiskinan menstruasi' menjadi topik hangat di Malaysia. Sejumlah wanita mengungkap pengalaman mereka saat tidak bisa membeli pembalut karena keterbatasan biaya. Beberapa orang mengaku tidak percaya bahwa ada orang di negara mereka yang semiskin itu. Karenanya, Endang ikut buka suara.

endang hyderendang hyder Foto: Instagram @endanghyder

Pengalaman Endang Hyder jadi viral setelah disoroti gerakan sosial 'Pedulimerah'. Dalam postingan, wanita berhijab ini mengungkap bagaimana ia ingin menghentikan menstruasi yang biasa dialami setiap bulan. Agar tidak perlu membeli pembalut demi menghemat uang, ia mengganggu kesehatan reproduksinya sendiri agar keluarga bisa makan.

Ketika itu, awal lockdown karena pandemi Corona dan Endang kehilangan pekerjaan sebagai musisi. "Keluargaku dan aku masih bisa bertahan dengan tabungan kami saat itu bisa menopang keluarga dari enam orang selama dua tahun," katanya dilansir World of Buzz.

Sayangnya, kesehatan ayah Endang mulai menurun yang memaksanya harus lebih banyak berhemat. "Pengeluaran medis dan biaya transportasi ke rumah sakit setiap hari membuatnya semakin sulit bagi kami untuk bertahan ketika pandemi menyerang. Aku juga punya tiga anak untuk diberi makan," tulis Endang.

endang hyderendang hyder Foto: Instagram @endanghyder

Saat itu lah Endang memutuskan untuk mengurangi biaya pembalut. "Biasanya menstruasiku datang setiap 20-21 hari dan terjadi selama lima hingga tujuh hari. Frekuensi menggantinya setiap tiga jam. Penggunaan pembalut yang aku butuhkan biaya RM60 (Rp 204 ribuan) dan aku harus menggunakan pembalut yang tidak mengiritasi kulit vagina," tambahnya.

Endang berkata jumlah tersebut mungkin tidak seberapa bagi banyak orang tapi tidak untuknya yang sedang hidup dalam keterbatasan. Ia merasa uang itu bisa dibelikan ayam untuk makan keluarga selama empat hari. Karenanya, ia memutuskan untuk tidak menstruasi dengan tidak makan teratur.

"Karena aku pernah ada gangguan makan di usia 20an, solusi yang aku pikirkan saat itu adalah untuk puasa jadi siklus menstruasi untuk mengganggunya yang akan membuatnya tidak menstruasi. Ini bukan hanya akan menghemat uang untuk kebutuhan pembalut tapi juga membiarkanku mengalokasikan uang untuk makanan untuk diberikan kepada keluarga," kata Endang.

Kini untungnya keadaan ekonomi Endang Hyder dan keluarga sudah lebih baik. Pemain biola terkenal itu mengungkap bahwa ia telah disponsori seseorang untuk terbang ke Jakarta dan mengerjakan albumnya.

(ami/ami)