Ini Segudang Manfaat Kesehatan Membaca Buku Bagi Tubuh Kita

Sponsored - wolipop Kamis, 30 Sep 2021 23:33 WIB
Ilustrasi membaca buku. Foto: Unsplash
Jakarta -

Di masa seperti ini, tentunya kita wajib untuk menjaga imunitas agar tubuh tidak mudah terserang atau tertular penyakit. Sayangnya, segala kejadian yang memberatkan dan tak pasti di masa pandemi seperti ini, membuat banyak dari kita terganggu fisik hingga mental dan pikiran.

Saat ini, kegiatan kita belum sepenuhnya pulih dan masih sebatas untuk di rumah saja. Karena hal itu, kita berisiko terserang bosan, suntuk, bahkan cemas berlebihan sehingga timbulah stres. Padahal stres sangat mengganggu kekebalan tubuh, dan jika berlangsung lama dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan.

Tapi tenang dulu, ada banyak cara untuk mengatasi stres dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Bagaimana caranya? Yuk, coba baca buku!

Baca Buku Buat Tubuh Lebih Rileks dan Tidur Lebih Nyenyak

Hasil penelitian dari University of Sussex mengatakan bahwa membaca bisa mengusir stres yang serius, bahkan mengurangi tingkat stres sebanyak 68%. Hal ini karena membaca buku membuat tubuh jadi lebih rileks.

Tidur yang cukup juga diperlukan untuk membantu jaga imun tubuh. Nah, kalau kalian susah tidur bahkan insomnia, bisa coba mulai baca buku. Ritual baca buku sebelum tidur bisa membuat tubuh rileks dan lebih mudah terlelap. Kualitas tidurmu akan meningkat, membuat tidur lebih nyenyak, dibandingkan bermain smartphone atau menonton film sebelum tidur.

Baca Buku Sama Khasiatnya Seperti Meditasi

Melakukan meditasi atau yoga bisa membuat tubuh lebih tenang dan meredakan stres. Duduk sambil baca buku selama 20 menit juga sama seperti kita meditasi selama 20 menit. Hal ini karena kegiatannya sama-sama membutuhkan konsentrasi dan tetap fokus.

Membaca buku diketahui dapat meredakan stres lebih baik dibandingkan mendengarkan musik atau berjalan kaki. Menakjubkannya lagi, hanya dengan 6 menit membaca buku, bisa menurunkan detak jantung maupun ketegangan otot dan tubuh jadi lebih rileks.

Coba luangkan waktu untuk membaca lebih lama lagi, karena hasil penelitian dari Journal of College Teaching and Learning menemukan bahwa kebiasaan membaca buku minimal 30 menit setiap hari, bisa menurunkan tekanan darah. Setidaknya, bertahanlah membaca selama 6 menit untuk membuat tubuh jadi rileks.

Baca buku memberikan dampak yang sangat baik terhadap kinerja otak kita, di mana dapat meningkatkan konektivitas otak, meningkatkan kapasitas memori serta daya ingat, mencegah penyakit Alzheimer, dan tentunya meningkatkan kecerdasan. Penjelasan lebih lengkap mengenai buku yang berdampak positif pada otak.

Sudah dipastikan bahwa dengan membaca buku, tubuh kita jauh dari rasa stres dan dapat banyak dampak positif lainnya terhadap kesehatan. Dengan begitu, setidaknya beberapa masalah yang membuat imun tubuh kita menurun telah hilang. Apalagi membaca buku bisa menambah wawasan, perspektif baru, dan hiburan untuk mengisi waktu luang, agar tak lagi bosan selama di rumah saja.

Buat kamu yang mungkin belum terbiasa membaca buku, kamu bisa coba pilih buku-buku dengan genre yang kamu sukai. Bisa dari novel bergenre romantis, science fiction, horor, atau buku non fiksi seperti buku pengembangan diri, buku-buku ilmu sosial, finansial, dan sebagainya. Kamu bisa pilih dari buku-buku yang berhalaman sedikit dahulu.

Semua pilihan itu bisa kamu cari di Gramedia.com. Dari buku sampai stationery, semuanya tersedia dan memudahkan kamu untuk membelinya dengan mudah dan nyaman selama di rumah saja. Apalagi, dari tanggal 27 September - 5 Oktober 2021 berlangsung kembali Online Book Fair yang memberikan rentetan diskon yang menggiurkan.

GramediaGramedia Foto: dok. Gramedia

Mengusung tema #SahabatTanpaBatas, Gramedia.com memberikan diskon hingga 90% untuk produk buku, non buku, dan e-book pilihan terbaik. Ada juga flash sale setiap harinya dengan harga mulai dari Rp 5.000 saja. Makin spesial lagi dengan lelang buku mulai dari Rp 0 yang akan dilaksanakan pada akhir periode di Live Instagram @gramedia.com.

Bukan hanya buku best seller dan terbaik pilihan lainnya, e-book keren terbitan Andi Offset juga diskon hingga 50%. Kalau kamu mau puas baca ratusan ribu e-book, koran, dan majalah digital lainnya, seluruh paket premium di Gramedia Digital harganya jadi mulai dari Rp 31.500 saja. Lebih hemat lagi kalau kamu mau tunggu pada akhir periode, karena akan ada flash sale 50% untuk sepuasnya baca e-book.

Segera borong buku-buku yang kamu suka karena setiap pembelian Rp 150.000 kamu akan mendapatkan gratis satu buku lagi. Tambah lagi transaksinya menjadi Rp 200.000, kamu akan mendapatkan voucher kuota 2,5GB by.U secara cuma-cuma! Kalian tidak perlu khawatir untuk ongkos kirim, karena ada potongan Rp 10.000 ke seluruh Indonesia.

Cek sekarang juga produk-produk dari buku hingga non buku dengan harga terbaik di https://www.gramedia.com/promo. Kalau kamu butuh asupan rekomendasi, kamu bisa temukan dan baca review maupun rekomendasi buku keren di Gramedia Blog. Pesan sekarang dan tunggu kami mengantarkan langsung sampai depan rumahmu!



Simak Video "Nikah di Afrika, Crazy Rich Jemput 200 Tamu Pakai Jet Pribadi"
[Gambas:Video 20detik]
(Content Promotion/Gramedia)