Mengenal Diet Defisit Kalori, Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan

Lukita Wardhani - wolipop Senin, 30 Agu 2021 10:31 WIB
Cara diet defisit kalori. Foto: thinkstock Cara diet defisit kalori. Foto: thinkstock
Jakarta -

Memiliki badan ideal pastinya menjadi impian semua orang, biasanya banyak teknik yang dilakukan untuk menurunkan berat badan. Salah satunya ialah diet defisit kalori. Berikut penjelasannya mengenai diet yang ampuh memangkas bobot tubuh itu.

Dilansir dari berbagai sumber, defisit kalori adalah saat jumlah kalori yang dikonsumsi oleh seseorang dalam sehari lebih kecil dari jumlah kalori kebutuhannya. Jadi diet defisit kalori adalah mengurangi asupan total kalori yang biasa dibutuhkan.

Setiap orang memiliki jumlah kalori yang berbeda sesuai dengan berat badannya masing-masing. Sedangkan kalori itu sendiri merupakan unit energi yang didapatkan dari makanan dan minuman. Untuk mengurangi kalori bisa dilakukan dengan pembakaran atau berbagai cara seperti: pengeluaran energi istirahat (REE). REE mengacu pada kalori yang digunakan tubuh kamu saat istirahat untuk fungsi yang membuat tetap hidup, seperti pernapasan dan sirkulasi darah.

Efek termis dari makanan. Ini melibatkan kalori yang dikeluarkan tubuh untuk mencerna, menyerap, dan metabolisme makanan. Pengeluaran energi aktivitas. Ini mengacu pada kalori yang kamu keluarkan selama olahraga dan aktivitas terkait non-olahraga, termasuk rasa gelisah dan melakukan pekerjaan rumah tangga.

Jika kamu memberikan tubuh lebih sedikit kalori daripada yang dibutuhkan untuk mendukung ketiga komponen pengeluaran kalori ini, berarti kamu telah melakukan defisit kalori. Melakukannya secara konsisten untuk waktu yang lama bisa menghasilkan penurunan berat badan. Namun sebalikanya, jika kamu mengonsumsi lebih banyak kalori bisa terjadi penambahan berat badan dan ini disebut surplus kalori.

Cara Diet Defisit Kalori dengan Menghitung Kebutuhan kalori

Bagi kebanyakan orang, diet defisit kalori 500 kalori per hari sudah cukup untuk menurunkan berat badan dan tidak secara signifikan mempengaruhi rasa lapar atau tingkat energi. Tapi kamu perlu tahu tentang kalori pemeliharaan. Kalori pemeliharaan adalah jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh kamu untuk mendukung pengeluaran energi.

Kamu dapat menggunakan kalkulator kalori untuk memperkirakan kalori pemeliharaan berdasarkan berat badan, jenis kelamin, usia, tinggi badan, dan tingkat aktivitas fisik yang kamu lakukan. Meskipun kalkulator kalori memberikan gambaran yang baik tentang kebutuhan kalori pemeliharaan, kamu bisa mendapatkan angka yang lebih tepat dengan menghitung asupan kalori dan berat badan selama 10 hari.

Sambil mempertahankan tingkat aktivitas harian yang sama, gunakan aplikasi pelacakan kalori untuk menghitung kalori kamu dan menimbang diri setiap hari. Untuk hasil yang akurat, gunakan timbangan yang sama, pada waktu yang sama, dan kenakan pakaian yang sama.

Berat badan kamu mungkin berfluktuasi dari hari ke hari, tetapi jika berat badan tetap stabil selama 10 hari, jumlah rata-rata kalori yang kamu konsumsi per hari adalah representasi yang lebih baik dari kalori pemeliharaan kamu.

Cara menghitung jumlah kalori saat mencoba diet defisit kalori adalah dengan....KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2