6 Buah-buahan untuk Penderita COVID-19, Bantu Penyembuhan

Hestianingsih - wolipop Rabu, 04 Agu 2021 05:45 WIB
Manfaat Makan Buah, Peneliti Sebut Bisa Turunkan Risiko Depresi di Kalangan Remaja Foto: Getty Images/lucentius
Jakarta -

Buah-buahan untuk penderita COVID-19 bisa membantu proses penyembuhan lebih optimal. Beberapa jenis buah diketahui kaya akan antioksidan, vitamin serta mineral yang bisa meningkatkan imun sekaligus mempercepat pemulihan.

Apa saja buah yang bagus untuk penyembuhan COVID-19? Ini beberapa pilihannya untuk dikonsumsi setiap hari.

1. Semangka

Penderita COVID-19 harus menjaga tubuh tetap terhidrasi, jangan sampai kekurangan cairan. Selain dengan minum air putih, konsumsi buah yang tinggi kandungan airnya bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Semangka misalnya, merupakan buah dengan kandungan air sangat tinggi. Bahkan 92 persen dari semangka adalah air. Dalam 154 gram buah semangka mengandung setengah gelas atau 118 ml air. Selain itu semangka juga diperkaya vitamin C, A dan magnesium yang bisa membantu memperkuat imun.

2. Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C dan antioksidan lainnya yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Makan satu butir jeruk setiap hari bagus untuk penderita COVID-19. Jeruk mengandung 53 mg vitamin C per 100 gram.

Satu jeruk ukuran sedang mengandung 70 mg vitamin C. Buah jeruk lainnya, seperti jeruk bali, mandarin dan limau, juga merupakan sumber vitamin C yang baik.

3. Kiwi

Kiwi merupakan salah satu dari buah-buahan untuk penderita COVID-19. Buah ini disarankan untuk dikonsumsi setiap hari oleh pakar kesehatan. Buah dengan rasa asam manis segar ini dapat memperlancar saluran pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Dalam sebutir buah kiwi tidak hanya terkandung serat tapi juga vitamin C yang dua kali lebih tinggi daripada jeruk dan vitamin E yang lima kali lebih tinggi dibandingkan apel.

4. Stroberi

Stroberi mengandung serat yang cukup banyak untuk menjaga kesehatan pencernaan yang baik dengan mendorong pertumbuhan bakteri usus baik, yang terkait dengan kekebalan tubuh, anti-inflamasi dan mood.

Satu porsi stroberi atau 128 gram mengandung lebih dari 100 persen asupan harian yang direkomendasikan dari vitamin C. Vitamin C dapat mendorong kekebalan tubuh, ditambah antioksidannya yang mampu membantu melawan penyakit dan usia karena bersama dengan vitamin C ia mampu meningkatkan produksi kolagen dan menjaga kesehatan kulit juga tulang.

5. Jambu Biji Merah

Jambu biji adalah salah satu sumber terkaya vitamin C yang dapat membantu meningkatkan kekebalan dan melindungi tubuh dari infeksi dan patogen umum. Selain itu kandungan zat besinya bisa membantu mencegah infeksi flu dan virus.

Jus jambu biji atau rebusan daun jambu biji sangat membantu dalam meredakan batuk dan pilek karena membantu mengeluarkan lendir dan mendisinfeksi saluran pernapasan, tenggorokan, dan paru-paru.

6. Pepaya

Pepaya mengandung banyak vitamin mulai dari vitamin A, B9, B1, B3, B5, E, K dan C. Selain itu juga kaya akan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas penyebab kerusakan fungsi organ.

Dilansir WebMD satu butir pepaya berukuran besar mengandung 235 mg vitamin C. Jumlah ini dua kali lebih banyak dari asupan harian yang direkomendasikan. Karena itulah pepaya disebut sebagai salah satu buah yang mengandung vitamin C tinggi yang bisa membantu tubuh membentuk formasi antibodi dan mempercepat proses penyembuhan COVID-19.

Manfaat lainnya dari pepaya adalah mencegah asma. Orang yang mengonsumsi pepaya, risiko terkena asma lebih rendah.

Buah-buahan untuk penderita COVID-19 ini akan memberi efek lebih baik jika dikonsumsi secara rutin. Seperti dilansir Netmeds, pakar kesehatan merekomendasikan untuk menyantap sedikit 2 cangkir buah segar setiap hari.

(hst/hst)