Citra Kirana Turun BB 22 Kg dengan Diet Berbasis Real Food, Apa Itu?

Hestianingsih - wolipop Rabu, 02 Jun 2021 12:35 WIB
Citra Kirana Citra Kirana. Foto: Instagram/@citraciki
Jakarta -

Citra Kirana sukses menurunkan berat badan sebanyak 22 kg. Pencapaian itu dia unggah lewat Instagram dan menyita perhatian netizen.

"Sudah turun 22kg, happy bgt udah agak tirusan lagi sekarang. Tinggal 9kg lagi nih untuk balik ke bb (berat badan) normal akuu...bissaaalaaahh yaaa kudu semangaatt,"tulisnya.

Netizen pun penasaran dengan pola diet yang dijalaninya. Bagaimana caranya? Bukan karena diet ketat, tapi cukup dengan mengubah pola makan jadi lebih sehat.

Bintang sinetron 'Tukang Bubur Naik Haji' ini mengaku tidak menjalani diet ketat. Dirinya tetap makan nasi beserta lauk pauknya tiga kali sehari.

Citra Kirana juga menjalani diet berbasis whole food atau real food. Seperti apa?

Citra KiranaCitra Kirana. Foto: Instagram/@citraciki

"Yang jelas aku makan makanan real food. Maksudnya makanan utuh, tanpa olahan," tuturnya di channel YouTube Ciky Citra Rezky.

Pola makan berbasis whole food atau real food adalah mengonsumsi dan mengolah makanan dalam bentuk utuh. Artinya menghindari makanan olahan pabrik seperti sosis, ham, nugget, tepung terigu, mie, dan sebagainya.

Seperti yang dilakukan Citra Kirana, dia kini mengurangi konsumsi camilan seperti cake, yang bahan utamanya terbuat dari tepung terigu dan gula. Jika ingin makan daging, istri Rezky Aditya ini lebih memilih steak atau masakan yang diolah dari daging segar, bukan buatan pabrik.

"Kalau mau daging utuh, ya daging steak, udah makannya cuma itu doang dan nggak ngemil-ngemil," tuturnya.

Konsep makan real food sebenarnya sejalan dengan diet Paleo, salah satu metode diet yang diklaim sebagai pola makan terbaik untuk penurunan berat badan dan memelihara kesehatan. Metode diet ini menekankan pada asupan makanan yang selalu dimakan nenek moyang manusia seperti buah-buahan, sayuran, daging, makanan laut dan kacang-kacangan.

Konsumsi makanan olahan pabrik, siap saji dan makanan beku serta kemasan bukanlah esensi dari diet Paleo.

Citra KiranaCitra Kirana. Foto: Instagram/@citraciki

Diet Paleo diklaim memberikan banyak manfaat baik bagi penurunan berat badan berlebih maupun menjaga kesehatan secara keseluruhan. Makanan sehat dan berbasis pengolahan bahan mentah (whole food) dinilai bisa memberikan nutrisi yang maksimal saat masuk ke dalam tubuh.

Loren Cordain, PhD, profesor ilmu kesehatan dan olahraga dari Colorado State University yang juga penulis 'The Paleo Diet', seperti dikutip dari ABC News menerangkan bahwa pola makan ini mampu menurunkan kadar glikemik indeks pada tubuh. Diet Paleo juga menyeimbangkan kadar lemak jenuh dan tak jenuh, meningkatkan asupan vitamin dan nutrisi serta membuat orang menjalani kebiasaan makan protein, lemak dan karbohidrat yang seimbang. Hasilnya, tubuh tetap ideal dan sehat dalam waktu lama.

Pola makan mirip diet Paleo untuk menurunkan berat badan pun berubah menjadi kebiasaan sehat yang kini dijalani Citra Kirana. Bahkan sang suami, Rezky Aditya, ikut menjalani diet sehat ini.

"Enak banget udah terbiasa pada akhirnya aku makan makanan yang sehat. Yang tidak menyiksa. Tetap nutrisinya juga masih ada. Makan karbo ada, protein ada, sayur ada yang penting real food," tandasnya.

(hst/hst)