Langkah di Waktu Sahur untuk Penuhi Nutrisi Anak Puasa

Puti Yasmin - wolipop Kamis, 08 Apr 2021 08:33 WIB
Asian family lunch outdoors, children having fun at table, Father helps feed daughter Foto: Getty Images/JulieanneBirch/Langkah di Waktu Sahur untuk Penuhi Nutrisi Anak Puasa
Jakarta -

Setiap Muslim diwajibkan melaksanakan puasa di bulan Ramadhan. Puasa wajib dilaksanakan oleh setiap orang yang telah aqil baligh. Namun, anak kecil juga bisa melakukannya sebagai latihan.

Dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat 183, Allah SWT berfirman mengenai perintah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan

Arab:
يٰۤـاَيُّهَاالَّذِيْنَاٰمَنُوْاكُتِبَعَلَيْکُمُالصِّيَا مُکَمَاكُتِبَعَلَىالَّذِيْنَمِنْقَبْلِکُمْلَعَلَّكُمْتَتَّقُوْنَ

Latin: yaaa ayyuhallaziina aamanuu kutiba 'alaikumush-shiyaamu kamaa kutiba 'alallaziina ming qoblikum la'allakum tattaquun

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa

Rasa khawatir tentu menyelimuti hati orang tua, apakah kebutuhan nutrisi anak terpenuhi selama puasa? Namun, tak perlu khawatir karena hal itu bisa didapatkan di waktu sahur.

Memenuhi gizi anak di masa pertumbuhan sangat penting. Sebab, tubuh akan mengalami berbagai dampak bila kekurangan nutrisi, seperti sembelit hingga rentan mengalami penyakit tidak menular.

Menurut MPS dari Bidang Penelitian dan Pengembangan Gizi Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) Dr Marudut kebutuhan gizi anak laki-laki dan anak perempuan berbeda-beda. Adapun, anak laki-laki dibanding lebih besar daripada perempuan.

Hal ini dikarenakan anak laki-laki memiliki postur tubuh yang lebih besar, serta metabolisme yang tinggi dibanding anak perempuan.

"Anak laki-laki juga lebih aktif bergerak dibanding anak perempuan. Sehingga kebutuhan protein menjadi lebih banyak," kata dia beberapa waktu lalu kepada detikHealth.

Contohnya, kata Marudut, kebutuhan gizi anak perempuan pada masa pertumbuhan sebesar 2.125 kkal. Sedangkan, kebutuhan gizi anak laki-laki mencapai 2.475 kkal.

Untuk itu, ada beberapa makanan yang perlu dipenuhi saat makan sahur oleh anak-anak. Lantas, bagaimana cara penuhi nutrisi anak saat puasa di waktu sahur? Klik DI SINI ya!

(pay/erd)