Ashanty dan 8 Artis Indonesia yang Positif Virus Corona di Awal 2021

Hestianingsih - wolipop Selasa, 16 Feb 2021 13:53 WIB
Ashanty saat ditemui di kawasan Jagakarsa. Ashanty positif virus Corona. Foto: Pool/Palevi S/detikFoto
Jakarta -

Ashanty mengumumkan dirinya positif COVID-19. Virus Corona juga menjangkiti beberapa anggota keluarga di antaranya Aurel, Azriel dan Arsy.

Ashanty pun menambah daftar panjang artis Indonesia yang terinfeksi COVID-19 di awal 2021. Sejak Januari hingga pertengahan Februari, terhitung sudah ada beberapa pesohor yang terkena virus ini. Siapa saja?

1. Ashanty

Ashanty saat ditemui di kawasan Jagakarsa.Ashanty saat ditemui di kawasan Jagakarsa. Foto: Pool/Palevi S/detikFoto

Pada Senin (15/2/2021), Ashanty mengumumkan lewat Instagram Stories bahwa dia didiagnosa positif virus Corona. Begitu juga dengan ketiga anaknya Aurel, Azriel dan Arsy.

Ashanty mengungkapkan bahwa selama pandemi, ia rutin melakukan swab test setiap minggu. Tapi karena merasakan demam, Ashanty akhirnya melakukan swab pada malam harinya dan hasilnya dinyatakan positif.

Gejala yang dialaminya mulai dari meriang, flu, batuk, sesak napas hingga panas tinggi. Selain positif Corona, Ashanty juga diketahui mengidap autoimun.

2. Irfan Hakim

Irfan Hakim positif COVID-19Irfan Hakim positif COVID-19. Foto: dok. Channel YouTube de Hakims

Irfan Hakim mengungkapkan positif virus Corona pada 22 Desember 2020. Setelah dua minggu isolasi mandiri, presenter kenamaan ini dinyatakan negatif pada 5 Januari 2021.

Seperti dikutip dari detikHot, banyak hal yang dirasakan Irfan Hakim selama melakukan isolasi mandiri. Mulai dari tak bisa tidur, sesekali merasakan tidak enak badan, dan banyak pikiran. Dia sempat merasa sedih, bingung dan kesal.

Setelah dinyatakan negatif pun ia memilih tetap istirahat untuk memulihkan fisiknya. Dia mengaku kapok dan tak mau lagi terjangkit penyakit tersebut.

3. Fanny Fabriana

Fanny Fabriana bersama kedua putrinyaFanny Fabriana bersama kedua putrinya. Foto: Instagram @fannyfabriana

Aktris dan model Fanny Fabriana mengumumkan bahwa dia sekeluarga positif COVID-19 di Instagram pada 3 Januari 2021. Tak hanya kerabat, para pekerja di rumahnya juga terpapar virus Corona.

"Assalamualaikum, part 1. Aku, Zacky, Kimora, Kaiza, Dylan, Mamaku dan para pekerja, kita semua "positif" dan lagi berjuang dari Covid 19. Sudah 2 minggu ini isolasi mandiri dirumah," tulisnya.

Sebelum dinyatakan positif COVID-19, Fanny sempat merasakan gejala pada 20 Desember 2020. Dia mengalami pusing, demam, badan menggigil dan kehilangan indra penciuman serta pengecap. Awalnya dia mengira terkena infeksi saluran kemih, sebelum akhirnya tes PCR dan hasilnya positif. Pada akhir Desember 2020 Fanny sekeluarga menjalani isolasi mandiri di rumah hingga awal Januari 2021.

4. Roy Marten

Roy Marten saat ditemui di Mahakam.Roy Marten saat ditemui di Mahakam. Foto: Palevi S/detikHOT

Aktor senior Roy Marten mengumumkan dirinya terinfeksi virus Corona lewat Instagram pada 8 Februari 2021. Ia mengunggah latar belakang hitam dengan tulisan 'COVID-19'.

"Orang tua ini kena juga buat teman2 yang 5 hari pernah ketemu mhn test pcr," tulisnya.

Ayah Gading Marten ini mendapatkan penanganan di rumah sakit Mitra Keluarga Bekasi Timur. Hari ini, Selasa (16/2/2021), dia mengumumkan hasil tes PCR negatif dan sudah diperbolehkan pulang. Roy Marten pun memberikan apresiasi kepada para staf kesehatan yang merawatnya selama sakit.

"Atas pertolongan Tuhan sy sdh negatif dan boleh pulang terima kasih direksi dan seluruh staf Rs mitra keluarga bekasi timur dr Erwin dr Yusalena dan para perawat atas pertolongannya atas pelayanan yang luar biasa," tulisnya.

5. Boy William

AktorBoy William. Foto: Desi/detikHOT

Boy William mengungkapkan bahwa dirinya terinfeksi COVID-19 pada akhir 2020. Sakit yang diderita presenter dan YouTuber ini cukup lama. Dia harus berjuang melawan virus Corona selama tiga minggu.

Saat hari pertama positif Corona, Boy William mengaku tak merasakan gejala apa pun. Namun, beberapa hari kemudian, badannya merasa tak enak.

"Awal ngerasa nggak ada gejala, diam saja di rumah, minum vitamin, obat China. Beli sendiri nggak pakai resep dokter. Terus kok makin parah ya gejalanya semakin timbul. Bukan salah obat ya, mungkin karena kecapekan badan gue nggak bisa ngelawan, mungkin di saat imun gue jelek," ungkapnya di channel YouTube The Hermansyah A6.

Gejala yang dialaminya mulai dari batuk parah, sulit bicara dan sakit pada paru-paru. Saat diperiksakan ke dokter, tubuhnya dinyatakan dalam kondisi berbahaya. Boy William menjalani isolasi di salah satu rumah sakit di Jakarta dan dinyatakan negatif setelah tiga minggu perawatan.

6. Soraya Abdullah

Soraya Abdullah bersama sang suamiSoraya Abdullah bersama sang suami. Foto: dok. Instagram Soraya Abdullah

Mantan pesinetron Soraya Abdullah meninggal dunia pada awal Februari 2021 karena tertular virus Corona. Kabar kematian artis yang sudah berhijrah itu diumumkan sahabatnya, Indadari, lewat Instagram.

"Allahumaghfirlaha, Warhamha, Wa'fihi Wa'fuanha.. Telah berpulang.. Sahabat kita, sosok yg saya bersaksi dia adalah sosok yg shaliha, baik dan sosok yg selalu terlihat ikhlas, penuh semangat dan peduli mendakwahkan Islam melalui travelnya. @umm_shaheeda_jannah , semoga Allah ampuni dosanya, lapangkan kuburnya, terima amal ibadahnya, Allah tempatkan aya didalam Surga..," tulis Indadari dilihat, Senin (1/2/2021).

"Dan keluarga yg ditinggalkan diberi ketabahan dan keikhlasan. Sudah usai perjalananmu di Dunia, aya.. Semoga kita bertemu lagi di Surga Aamiin Ya Rabb..," sambungnya.

Sebelum berpulang, Soraya Abdullah sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Siloam, Tangerang, selama dua minggu. Wanita yang berdakwah lewat bisnis travel ini diketahui juga mengidap penyakit bawaan Asma. Ia pun didiagnosa COVID komorbid Asma.

7. Adhisty Zara

Eksklusif Zara AdhistyEksklusif Zara Adhisty. Foto: dok. CXO Media YouTube

Mantan personil JKT48 Adhisty Zara mengungkap bahwa ia positif virus Corona pada 15 Januari 2021. Dia baru mengumumkan kondsinya itu satu minggu setelah terpapar, pada 22 Januari 2021.

"Hi! Banyak yang bertanya2 "Zara sakit apasih?" semenjak minggu lalu. Jadi aku tanggal 15 kemarin, keluar hasil swab test ternyata positif Covid-19," tulis bintang film 'Dua Garis Biru' ini di Instagram.

Zara mengaku tidak merasakan gejala penyakit COVID-19 sebelum hasil tesnya positif. Namun beberapa hari setelahnya dia merasakan pusing yang tak tertahankan, sesak napas, demam hingga linu pada tulang.

Menjalani karantina mandiri selama satu minggu, Zara akhirnya dinyatakan negatif, setelah melakukan 2 kali swab test. Namun ia tetap harus menjalani isolasi hingga dua minggu lamanya.

8. Ari Lasso

Ari LassoAri Lasso. Foto: Instagram

Lewat channel YouTube miliknya, musisi Ari Lasso mengungkap pernah terinfeksi virus Corona pada awal tahun 2021. Sakit COVID-19, mantan vokalis Dewa 19 ini pun absen jadi juri Indonesian Idol.

Dia juga mengatakan ada dua anggota timnya yang juga terpapar virus Corona namun mengalami gejala berbeda. Ari sendiri merasakan demam tinggi yang naik-turun, kehilangan indra penciuman dan pengecap, nyeri di seluruh tubuh, serta gangguan pada pernapasan dan darah.

Setelah sembuh Ari Lasso masih terkena dampak dari virus Corona. Ia mengalami fibrosis paru atau infeksi pada paru-paru.

9. Donna Agnesia

Donna AgnesiaDonna Agnesia. Foto: Instagram @dagnesia

Presenter dan aktris Donn Agnesia didiagnosa positif COVID-19 pada 21 Januari 2021 dari hasil tes PCR. Beruntung, ia hanya mengalami gejala ringan seperti pilek dan pusing. Donna pun tidak demam dan saturasi oksigennya bagus.

Meski begitu Donna Agnesia harus tetap menjalani isolasi mandiri selama 11 hari. Istri Darius Sinathrya ini dinyatakan negatif pada 2 Februari 2021.

Itulah deretan artis yang terinfeksi virus Corona di awal 2021. Ashanty sendiri baru saja dinyatakan positif Corona. Enam artis lainnya sudah dinyatakan sembuh. Sedangkan satu artis yaitu Soraya Abdullah meninggal dunia.

(hst/hst)