Alasan Pentingnya Punya Gigi Rapi dan Rata Menurut Dokter Gigi

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 27 Nov 2020 19:00 WIB
examination and treatment of the teeth in the dental clinic Ilustrasi Gigi / Foto: thinkstock
Jakarta -

Memiliki gigi yang rapi dan rata banyak menjadi dambaan orang-orang. Namun terkadang untuk mendapatkan gigi tersebut tidaklah mudah bagi sebagian orang. Diperlukan perawatan ekstra, seperti menggunakan kawat gigi atau behel, retainer, atau lainnya yang dapat membantu mempercantik susunan gigimu.

Tapi sebenarnya seberapa penting sih memiliki gigi yang rapi dan rata? Drg. Deviana Maria, melalui press conference Ratanovation pada Jumat (27/11/2020) kemudian menjelaskan hal tersebut. Menurut sang dokter ada beberapa alasan mengapa memiliki gigi yang rapi dan rata itu cukup penting, namun yang alasan yang terpenting adalah:

1. Kecantikan

Menurut dokter gigi Deviana, memiliki gigi dengan susunan yang rapi akan membuat seseorang merasa lebih percaya diri. Terutama jika orang tersebut bekerja di dalam suatu bidang yang mengutamakan penampilan.

"Pasti beda lah ya kita punya gigi yang rata akan lebih PD lagi. Apalagi kalau pekerjaan kita yang sering bertemu dengan publik, ataupun sering dan perlu berbicara di depan umum, itu penting banget memiliki senyuman dan gigi yang rata," jelas Deviana.

2. Kesehatan

Dokter Deviana juga menjelaskan bahwa jika memiliki gigi yang tidak rata atau menumpuk maka bisa berpengaruh pada kesehatan. Hal itu disebabkan karena gigi yang tidak rata atau menumpuk dapat menyebabkan sisa-sisa makanan menjadi lebih sulit untuk dibersihkan.

"Kalau gigi kita numpuk, tidak rata, itu akan sangat sulit untuk membersihkan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi. Dan itulah yang menyebabkan akhirnya gigi bisa bolong. Dari bolong kalau tidak diatasi akan kena syaraf, kemudian giginya sakit banget. Ujung-ujungnya giginya harus dicabut," ungkap sang dokter.

Jika gigi tersebut sudah terlanjur bolong atau rusak, maka pastinya perlu mendapatkan perawatan yang justru harganya bisa jauh lebih mahal lagi. Itulah mengapa Deviana kembali menjelaskan bahwa memiliki gigi yang dengan susunan yang rata atau rapi sangatlah penting.

(vio/vio)