Kisah Tragis Dosen Positif COVID-19 Meninggal saat Mengajar Kuliah via Zoom

Hestianingsih - wolipop Senin, 07 Sep 2020 12:45 WIB
Poster Ilustrasi virus Corona. Foto: Edi Wahyono
Buenos Aires -

Peristiwa tragis dialami Paola De Simone, seorang dosen di Buenos Aires, Argentina. Pengajar dari Universidad de la Empresa itu meregang nyawa saat mengajar kelas virtual, hingga akhirnya meninggal dunia.

Saat kejadian, Paola De Simone sedang memberikan mata kuliah sejarah via Zoom yang diikuti sekitar 40 murid. Tiba-tiba saja di tengah kegiatan belajar mengajar, slide presentasi yang ditampilkan Paola berhenti.

Saat itulah para murid mendapati kalau Paola terlihat sesak dan kesulitan bernapas. Mereka lalu menanyakan alamat dosennya itu untuk memanggil ambulans, namun ia tida merespons.

Seorang saksi mata yang merupakan salah satu murid di kelas online tersebut sempat melihat Paola mencoba menghubungi suaminya. Semua murid pun tetap online di Zoom untuk menemaninya hingga sang suami tiba.

Sayangya Paola meninggal dunia tak lama setelah kolaps di kelas virtual tersebut. Ia menghembuskan napas terakhirnya pada Rabu (2/9/2020). Sepekan sebelumnya wanita 46 tahun tersebut mengunggah cuitan di Twitter kalau dia tertular virus Corona dan mengalami gejala berat selama beberapa minggu.

Salah satu sahabatnya, Silvina Sterin Pensel, mengatakan bahwa Paola tetap bersikeras mengajar kala ia terdiagnosa COVID-19 dan kondisinya tidak begitu baik. Silvina mengungkap, meskipun tragis, kematian Paola bukanlah kabar yang mengejutkan.

"Tidak mengagetkan, saya benar-benar bisa menggambarkan kalau Paola berpikir, 'Aku bisa melakukannya (mengajar), murid-murid membutuhkan saya,'" tutur Silvina, seperti dikutip dari Washington Post.

Kisah Paola yang mengajar sampai akhir hayatnya tidak hanya menunjukkan bahwa dia sosok inspiratif. Namun sekaligus sebagai pengingat bahwa virus Corona benar-benar nyata.

Sejauh ini Argentina melaporkan ada 450 ribu kasus virus Corona dengan lebih dari 9.000 kematian. Negara ini merupakan salah satu yang terkena dampak paling parah se-Amerika Latin.

Paola De Simone sendiri dikenal sebagai dosen yang berdedikasi tinggi. Dia sudah mengajar selama 15 tahun di Universidad de la Empresa di Buenos Aires, jurusan Hubungan Internasional.



Simak Video "Patricia Gouw Dibikin Kaget dengan Protokol Covid-19 di Luar Negeri"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)