Dulu Jerawatan Sampai Bernanah, Wajah Pria Ini Mulus Setelah Stop Minum Susu

Hestianingsih - wolipop Senin, 24 Agu 2020 17:47 WIB
Brian Turner Foto: Instagram/@brianturnerofficial
San Diego -

Brian Turner mengalami jerawatan parah sejak usianya 15 tahun. Bertambah umur, jerawat yang memenuhi wajah binaragawan ini bukannya membaik, tapi justru semakin parah sampai merada dan bernanah.

Tapi di usia 27 tahun Brian bisa bernapas lega. Jerawatnya hilang total dan digantikan dengan kulit mulus. Rahasianya satu, berhenti mengonsumsi susu dan produk-produk olahannya. Ini kisah Brian berhasil melawan jerawat.

Pria asal San Diego, Amerika Serikat, ini dulu terbiasa minum segalon susu setiap hari. Dia juga makan empat porsi besar keju demi mendapatkan tubuh berotot karena profesinya sebagai binaragawan.

Tapi Brian tidak pernah menyangka kalau diet yang dia jalani itu membuat kulitnya berjerawat parah. Konsumsi susu yang sangat tinggi membuat jerawat nanah memenuhi wajahnya hingga ia kesulitan tidur, karena ketika kulitnya tersentuh bantal, rasa sakit dan nyeri akan langsung menyerang kulitnya.

Brian TurnerBrian Turner. Foto: Instagram/@brianturnerofficial

Brian pun mencoba mengobati kulitnya dengan konsultasi ke dokter dan diberikan resep accutane yang termasuk kategori obat keras. Tapi itu tak juga menyembuhkan jerawat meradang. Dokter akhirnya menyarankan Brian untuk mengubah pola dietnya.

"Pengobatan dengan accutane tidak berhasil sampai dokter menyarankan saya untuk berhenti mengonsumsi minuman protein," ujar Brian, seperti dikutip dari Metro.co.uk.

Setelah berhenti konsumsi susu, kulitnya mulai mengalami perbaikan yang signifikan. Jerawat nanah mulai berkurang, begitu pula jerawat yang meradang.

Brian TurnerBrian Turner. Foto: Instagram/@brianturnerofficial

"Saya memutuskan berhenti konsumsi susu untuk melihat apakah benar bisa membantu dan kulit saya mulai membaik dengan cepat. Saya sampai tidak percaya," tutur pria berambut gondrong ini.

Perlu waktu satu bulan sampai Brian melihat perubahan yang benar-benar nyata. Kemerahan dan radang di wajah pun berangsur-angsur menghilang. Setelah wajahnya bersih dari jerawat ia kembali mencoba konsumsi susu dan bubuk protein. Ternyata Brian memang tidak bisa minum susu karena tak butuh waktu lama, wajahnya kembali dipenuhi jerawat nanah. Saat itulah dia yakin kalau susu memang bukanlah untuknya.

Kini Brian menjalani gaya hidup vegan demi menjaga wajah tetap mulus dan untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dia bahkan membuat program diet vegan khusus untuk membantu orang-orang mengatasu jerawat.

"Awalnya saya diet vegan untuk menjaga kulit tapi sekarang sudah jadi gaya hidup. Saya akan merekomendasikannya kepada orang-orang dengan wajah berjerawat karena susu adalah salah satu faktor terbesar dan paling umum penyebab jerawat," kata Brian.

Dia juga kerap membagikan panduan diet di Instagram untuk mendapatkan kulit sehat. Beberapa di antaranya memperbanyak asupan vitamin A, vitamin C, vitamin E dan Omega 3 yang semuanya berasal dari sumber nabati.

Brian TurnerBrian Turner. Foto: Instagram/@brianturnerofficial

Perlu diketahui bahwa jerawat bisa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya susu yang bisa memicu timbulnya jerawat bagi mereka yang memiliki intleransi laktosa atau alergi susu.

Namun penyebab jerawat pada satu orang belum tentu sama seperti orang lain. Maka jika jerawat tidak kunjung hilang dari wajahmu dan sudah mengganggu, sebaiknya konsultasikan ke dokter, sambil menjaga diet tetap sehat.

(hst/hst)