Sedih, Kisah Para #PejuangJerawat Diledek Hingga Ditolak Saat Melamar Kerja

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 27 Okt 2019 18:34 WIB
Foto: Dok. iStock
Jakarta - Jerawat jadi masalah kulit yang paling dibenci kaum wanita. Saat jerawat menghiasi wajah, pengalaman tidak menyenangkan pun bisa dirasakan oleh mereka yang berjerawat. Termasuk tiga selebgram yang dikenal sering mengunggah konten dengan hashtag #pejuangjerawat, Novia Nur Ismi, Aina Rezeki dan Cut Rizki. Mereka berbagi kisah soal pengalaman yang tidak menyenangkan saat mengalami jerawat.

Cut Rizki Vhonsana atau akrab disapa Kiki yang mempunyai akun Instagram @crvhons ini mempunyai 111 ribu pengikut. Kiki populer karena konsisten membagikan cerita pribadinya sebagai #pejuangjerawat.

Kiki menceritakan pengalaman yang tidak bisa ia lupakan adalah saat ia ditolak ketika melamar pekerjaan di suatu perusahaan.

Sedih, Kisah Para #PejuangJerawat Diledek Hingga Ditolak Saat Melamar KerjaFoto: Dok. Instagram @crvhons
"Aku pernah melamar pekerjaan dan aku ditolak. Aku lalu ditanya, 'Dimuka kamu itu apa ya? Ini jerawat pak.' Lalu bapak itu bertanya lagi, 'bisa disembuhin gak? bisa pak, tapi butuh waktu yang lama'," kisah Kiki saat berbincang dengan Wolipop, Kamis (24/10/2019).

Kiki pun saat itu gagal mendapatkan pekerjaan tersebut karena alasan jerawat. Dia ingat saat itu pihak yang mewawancarainya memintanya menyembuhkan jerawatnya dulu.

"Bapak itu bilang, 'sembuhin dulu deh baru nanti balik lagi. Saya mau melihat lagi kesungguhan kamu untuk bekerja di sini seberapa besar'," kenang Kiki.

Semenjak kejadian itu, Kiki mengatakan ia tidak pernah mau melamar pekerjaan di perusahaan lainnya. Ia mencoba mencari rezeki dengan cara lain yaitu dengan menjadi beauty vlogger.

"Aku bersyukur aku bekerja di industri beauty dan memberikan manfaat kepada orang lain. Aku malah nggak nyangka bahwa di luar sana kalau mau ngelamar dilihat sampai segitunya banget, bahkan hal yang nggak penting banget," ucap Kiki.

Perlakuan tidak menyenangkan karena wajah berjerawat juga dialami oleh selebgram #pejuangjerawat, Aina Rezeki. Ia pernah menjadi bahan olok-olok teman-temannya. Aina menceritakan kejadian itu dialaminya saat ia dipanggil sekumpulan teman prianya. Tanpa rasa curiga Aina menghampiri mereka.

"Aku pikir mungkin ada hal penting atau gimana, aku datang ke mereka. Terus salah satu dari mereka bilang, 'Mau aku kasi tahu nggak obat jerawat paling ampuh ?' Dengan polosnya, aku jawab 'apaan?' Dijawab lagi 'pake kertas pasir alias amplas!' Serentak mereka semua tertawa di depan muka aku," kata Aina yang sangat terpukul waktu itu.

Sedih, Kisah Para #PejuangJerawat Diledek Hingga Ditolak Saat Melamar KerjaFoto: Instagram @ainarezeki
Pada saat itu Aina mengaku tetap berusaha tersenyum meski sebenarnya menahan air mata. "Lalu aku pergi dari mereka semua sambil jalan pulang ke rumah aku nangis," kata Aina kepada Wolipop.

Kisah serupa dialami selebgram #pejuangjerawat Novia Nur Ismi. Wanita dengan 36 ribu lebih pengikut di Instagram itu mengaku ada saja netizen yang mengkritik dirinya. Bahkan beberapa dari netizen menilai negatif bahwa jerawat yang timbul di wajah Novia karena perbuatannya yang buruk.

"Ada yang bilang 'ih jerawatnya banyak, kebanyakan makeup nih jadi jerawatnya banyak. Akibat jarang wudhu, jarang solat, kebanyakan maksiat sampai kayak gitu'. Biasanya aku bales kayak diajak bercanda yang bilang jerawat ini akibat kebanyakan maksiat, ya aku jawab aja iya ampun pak haji," jelasnya.

Sedih, Kisah Para #PejuangJerawat Diledek Hingga Ditolak Saat Melamar KerjaFoto: Instagram @nvnrsm


Simak Video "Solusi Mengatasi Jerawat Membandel Akibat Penggunaan Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/ami)