Amankah Berenang Selama Pandemi COVID-19? Ini Kata Para Ahli

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 17 Jun 2020 19:30 WIB
ilustrasi berenang Ilustrasi wanita yang sedang berenang. Foto: thinkstock.
Jakarta -

Olahraga berenang menjadi salah satu olahraga favorit karena bisa menyegarkan dan memberikan banyak manfaat pada tubuhmu. Akan tetapi, di tengah pandemi ini amankah berenang di kolam renang umum?

Pusat Pengendalian dan pencegahan penyakit atau Centres for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat menyatakan tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa virus COVID-19 dapat menyebar melalui air. CDC juga menambahkan bahwa klorin atau bromin disinfeksi di kolam renang untuk menonaktifkan virus.

Dilansir dari USA Today, CDC menerbitkan pedoman baru untuk mengoperasikan kolam renang selama pandemi virus Corona. "Tidak ada bukti bahwa virus yang menyebabkan COVID-19 dapat menyebar ke orang melalui air di kolam renang, Hot Tub, atau area bermain air lainnya," kata CDC di situsnya.

Mother and baby daughter in swimming pool playing with ballIlustrasi ibu sedang mendampingi anaknya bermain bola di atas air. Foto: Getty Images.


Selain itu menurut Matthew Miller, seorang profesor biokimia di Universitas McMaster di Hamilton, virus Corona tidak mungkin ditularkan melalui air. "Virus yang menyerang sistem pernapasan seperti COVID-19 berbeda dari virus seperti polio atau patogen lainnya seperti kolera yang sebenarnya tersebar di air," katanya melalui telepon kepada Ctvnews. "Risiko tertular virus dari air kolam itu sendiri kemungkinan sangat rendah," tambahnya.

Akan tetapi, bukan berarti kamu dengan leluasa bisa pergi berenang dengan mudah lho! Coba kamu pikir ulang bahwa kolam renang umum biasanya ramai orang berkumpul dan kamu tidak mungkin bisa berjauhan dengan orang lain jika berada di dalam kolam renang.

Para ahli juga memperingatkan agar masyarakat dapat mengendalikan diri dan menjaga jarak. Bukan hal yang tidak mungkin jika kolam renang ketika ramai orang bisa berpotensi menimbulkan risiko penularan virus Corona.

Bukti ketidakpedulian masyarakat akan social distancing di dalam area wisata air ini beberapa waktu lalu terjadi di Missouri Lake of The Ozarks, Amerika Serikat. Wisatawan mengabaikan protokol kesehatan dan asyik berkumpul di danau.

Sementara itu, menurut Asiaone, negara Eropa menerapkan aturan yang berbeda mengenai berenang setelah meniadakan lockdown. Sejumlah negara di Eropa mengizinkan beberapa pantai buka. Meski demikian, wisatawan hanya diizinkan untuk berjalan dan berlari, tidak untuk berenang atau berjemur di area pantai.



Simak Video "Tahu Nggak Sih? Ini Daya Tahan Virus Corona di Berbagai Benda"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)