Alasan Ibu yang Dikritik karena Beri ASI hingga Anaknya Berusia 8 Tahun

Anggi Mayasari - wolipop Jumat, 22 Mei 2020 17:13 WIB
ilustrasi menyusui Ilustrasi menyusui. Foto: iStock
Jakarta -

Tak seperti kebanyakan ibu pada umumnya, wanita ini jadi sorotan karena menyusui anaknya hingga berusia delapan tahun. Meskipun mendapatkan banyak kritik dari orang lain, ia mengaku tak berencana berhenti untuk memberikan ASI pada kedua putranya sampai berusia delapan tahun.

Laura Smith membiarkan anak-anaknya, Joel dan Bannett minum ASI-nya tiga kali sehari. Seperti dilansir Daily Star, Lauta berpendapat bahwa nutrisi dalam ASI telah membantu menjaga anak-anaknya tetap sehat.

Wanita berusia 25 tahun ini berencana untuk terus menyusui mereka sampai berusia delapan tahun. Ia pun akan melawan siapa saja yang memberikan kritik kotor untuk menyusui di depan umum.

"Saya ingin mendorong lebih banyak ibu untuk merawat anak-anak mereka, berapa pun usianya. Putraku dalam kesehatan yang sangat baik dan kami memiliki ikatan khusus karena ini," ungkap Laura.


Lima tahun lalu, Laura dan suaminya, Zane, menyambut kelahiran putra pertama mereka yang diberi nama Joel. Meskipun ia pernah mendengar jika dokter merekomendasikan seorang ibu untuk berhenti menyusui bayi pada usia enam bulan, Laura menolak mengikutinya karena ibunya sendiri berhenti menyusui dirinya dan adik-adiknya saat mereka berusia lima tahun.

Laura pun menambahkan bahwa ketika Joel berusia dua tahun dan tetap menyusui putranya, ia mulai menerima komentar sinis dari teman-temannya.

"Pada saat Joel berusia dua tahun, saya punya beberapa teman yang mengatakan mereka tidak berpikir itu normal bahwa Joel masih menyusui," cerita Laura.

Pada November 2017, Laura menyambut putra bungsunya Bennett ke dunia. Dalam upaya untuk mencapai keseimbangan, Laura memberi Joel tiga kali makanan padat sehari serta tiga sesi menyusui.

Balita Bennet juga sudah mulai makan makanan, tetapi Laura tidak punya rencana untuk berhenti menyusui mereka, karena dia menikmati ikatan yang diberikan kepada mereka sebagai keluarga.

"Tidak ada yang saya sukai selain merawat mereka, itu membuat kita semua lebih dekat bersama," ujar Laura



Sementara beberapa tidak setuju dengan pengasuhan Laura, ia mengaku tak masalah dengan pandangan orang lain yang melihat dirinya masih menyusui putranya yang kini berusia lima tahun. "Karena Joel begitu besar sekarang, orang asing memberi saya pandangan kotor atau menatap saya," kata Laura.

"Beberapa bulan yang lalu saya mengunggah beberapa foto menyusui dan beberapa ibu berkomentar 'terlalu tua.' Yang lain berkata, 'Bukankah seharusnya dia berhenti?' Itu mengecewakan, tetapi saya mencoba untuk tidak membiarkan komentar negatif itu sampai kepada saya," terang Laura.

"Orang-orang hanya kurang pendidikan tentang menyusui yang lama dan saya bersemangat mengajar mereka," pungkasnya.



Simak Video "Tips untuk Orang Tua Agar Stay at Home Menyenangkan bagi Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(agm/eny)