Ahli Hipnotis Ungkap Trik Agar Tak Makin Gemuk Selama Lockdown di Rumah Aja

Vina Oktiani - wolipop Senin, 11 Mei 2020 17:07 WIB
tips diet saat puasa Tips diet saat di rumah saja dari ahli hipnotis. Foto: iStock
Jakarta -

Isolasi diri atau lockdown di rumah saja membuat kita merasa, bosan, stres atau tidak nyaman. Hal tersebut yang kemudian mendorong kita untuk lebih banyak makan. Akibatnya, berat badan akan semakin meningkat. Untuk mencegah keinginan makan yang semakin besar dan tidak terkendali, Paul McKenna, seorang ahli hipnotis membagikan beberapa saran.

Menurut Paul, ada perbedaan utama antara kelaparan fisik dan emosional. Kelaparan emosional adalah saat kamu merasa bosan, frustasi, dan cemas lalu memilih makanan sebagai pengalihan dari perasaanmu tersebut. Jika kamu makan karena didasari oleh kelaparan emosional, maka tubuhmu tidak akan pernah merasa puas dengan makanan. Namun hal itu bisa dikalahkan dan dicegah dengan beberapa trik jitu dari Paul. Seperti dikutip dari The Sun, berikut ini tips-tipsnya:

1. Cara Berhenti Mengemil

Jika kamu tidak ingin semakin gemuk saat isolasi diri di rumah, maka hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah berhenti mengemil. Sebelum memutuskan untuk mengemil atau mengonsumsi makanan di luar jam makanmu, tanyakanlah kepada dirimu sendiri terlebih dahulu, apakah kamu benar-benar membutuhkannya atau kamu hanya ingin mengubah perasaanmu saja. Jika kamu haya ingin mengubah perasaanmu saja maka kamu mungkin perlu mengurungkan niatmu untuk mengonsumsi makanan tersebut. Berikut ini adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan perasaan tidak nyamanmu tanpa harus ngemil:

Ketika kamu memiliki perasaan yang tidak nyaman, maka jangan terganggu dengan memikirkan mengapa kamu memikirkan perasaan tersebut. Cukup fokus pada perasan itu sendiri. Pikirkan, apa kira-kira pesan yang ingin disampaikan dari perasaan itu kepadamu. Jika kamu tidak yakin, maka tidak masalah untuk menebaknya. Aapapun pesannya, beritahu pikiran bawah sadarmu bahwa kamu telah menerimanya. Jika ada tindakan yang perlu kamu ambil, maka berjanjilah bahwa kamu akan melakukan secepatnya. Kamu akan tahu jika kamu telah mengidentifikasi dengan benar pesan tersebut saat perasaan nyamanmu telah kembali.

Foto: iStock

2. Memperlambat Kecepatan Makanmu

Cara lain untuk mencegah dirimu agar tidak semakin gemuk saat isolasi diri di rumah adalah dengan memperlambat makanmu. Pastikan kamu makan secara berkesinambungan namun perlahan. Cobalah untuk menikmati suapan demi suapan makanan yang kamu konsumsi. Itu merupakan proses aerobik dari pikiran dan jika kamu berlatih maka kamu akan terbiasa.

Letakkan sendok, garpu, atau pisau yang kamu gunakan saat kamu mengunyah makan. Berikan sedikit waktu, setidaknya 20 kali kunyahan untukmu agar dapat benar-benar menikmati rasa makanan tersebut. Memperlambat kecepatan makanmu akan membuatmu lebih cepat kenyang dan hasilnya kamu akan mengonsumsi lebih sedikit makanan dibandingkan biasanya.

Foto: shutterstock

3. Menghipnotis Diri Sendiri

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan untuk mencegah dirimu semakin gemuk saat isolasi diri di rumah adalah dengan menghipnotis diri sendiri. Paul sudah pernah menguji keberhasilan dari cara ini. Hasilnya, orang tersebut terhindar dari makanan yang sangat diinginkannya. Caranya adalah menciptakan paksaan pada otakmu untuk berpikir tentang makanan yang kamu inginkan lalu setelahnya memikirkan makanan menjijikan yang tidak kamu inginkan. Jika kamu memikirkan kedua makanan tersebut bersamaan, maka secara alami otakmu akan membatalkan keinginan untuk makan.

Memikirkan makanan yang benar-benar menjijikan akan membuatmu merasa mual. Setelahnya, cobalah membayangkan sejelas mungkin makanan-makanan itu, rasakan tekstur di mulutmu dan perasaan menjijikan setelah menelannya lagi dan lagi. Lakukan berulang-ulang sampai kamu benar-benar merasa jijik.

Jika kamu tidak juga merasa jijik, maka cobalah untuk membayangkan makanan yang lebih menjijikan, misalnya dengan menambahkan beberapa helai rambut dalam makanan tersebut dan pikirkan bagaimana saat kamu mengunyah lalu menelannya. Hal itu dapat membantumu untuk kembali memegang kendali dirimu sendiri.



Simak Video "Cerita Gracia Indri Turunkan Berat Badan hingga 23 Kg"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)