Suka Diomelin Ortu Saat #dirumahaja? Ini Saran Psikolog Buat Kaum Rebahan

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 12 Apr 2020 21:03 WIB
ilustrasi tidur Ilustrasi. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Pemerintah mengimbau masyarakat untuk tidak keluar rumah, agar memutus mata rantai penyebaran virus Corona. Apalagi kini ada aturan PSBB yah membuat ruang gerak semakin terbatas dan membuat kita mau tidak mau mengerjakan segala sesuatu dengan #dirumahaja.

Hingga kini setidaknya sudah lebih dari dua minggu sebagian besar warga di Indonesia, khususnya di ibukota harus berada di rumah demi menghindari penyebaran virus Corona. Selama #dirumahaja ini pasti ada banyak drama terjadi ya, baik kamu yang hidup bersama pasangan ataupun kamu yang masih jomblo dan tinggal bersama orangtua.

Buat kamu yang masih single dan bagian dari kaum rebahan selama masa karantina Corona ini, drama yang biasa kamu hadapi sehari-hari biasanya adalah omelan orangtua. Kamu termasuk yang sering diomeli ibu atau ayah? Berikut saran psikolog yang perlu kamu dengar.

Psikolog Meity Arianty STP.,M.Psi. mengatakan yang perlu kamu ingat rumah adalah tempat kamu pulang dan tempat paling nyaman. Kalaupun orangtua mengomel selama di rumah, menurut Meity pasti ada penyebabnya yang jelas.

"Seburuk-buruknya rumah, itu adalah tempat kamu pulang, istirahat dan dapat hidup lebih tenang dibanding di luar sana, mungkin kamu belum menyadari atau karena sebab tertentu belum merasakan. Namun percayalah di rumah jauh lebih menyenangkan dibanding di luar sana . Kamu hanya perlu mengatakan pada dirimu bahwa apapun yang kamu dapatkan di rumah ini suatu hari nggak akan kembali sehingga bertahan dan tetap berpikir positif akan membuat kamu tidak akan menyesal di kemudian hari," kata Mei saat dihubungi Wolipop,Kamis (9/4/2020).

Mei menambahkan cara setiap orangtua untuk mengekspresikan rasa sayangnya pada anak berbeda-beda. Ada yang dengan cara memarahi sang anak, agar anaknya mengerti dan ada pula yang dengan menasihatinya.

"Bukankah semua orangtua sama saja, mereka akan marah-marah, menyuruh-nyuruh, kadang menghakimi, kadang menyalahkan dan lainnya. Namun jika kamu melihat hal tersebut sebagai bagian dari rasa sayang, bentuk perhatian yang berbeda kamu akan memaklumi. Terimalah apa yang ada di rumahmu, karena suatu hari nanti mungkin kamu akan merindukannya," jelasnya.

Mei memberikan pesan agar kamu senantiasa bersyukur dalam menjalankan hidup di tengah situasi virus Corona seperti sekarang ini

"Rumah adalah tempat orang-orang yang kamu cintai berada dan tugas kamu adalah menghargai apa yang kamu miliki saat ini. Karena bisa jadi kamu tidak akan memiliki kesempatan seperti itu lagi jadi hargai apa yang kamu miliki saat ini dan syukuri," pungkasnya.



Simak Video "Perseteruan KD-Aurel-Azriel Jadi Konsumsi Netizen, Ini Kata Psikolog"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)