Haruskah Pakai Masker saat Olahraga di Luar Rumah? Ini Tanggapan Ahli

Vina Oktiani - wolipop Sabtu, 11 Apr 2020 15:05 WIB
Olahraga jalan kaki Ilustrasi wanita olahraga. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Sebagai usaha menanggulangi penyebaran virus Corona, setiap orang diimbau untuk melakukan tindakan pencegahan. Salah satunya dengan menggunakan masker penutup wajah.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) telah mengumumkan bahwa setiap orang wajib mengenakan masker penutup wajah di tempat umum untuk memperlambat penyebaran COVID-19. Tapi apakah aturan penggunaan masker itu berlaku bagi orang-orang yang berolahraga di luar rumah?

Seperti dikutip dari Popsugar, menurut Steven Mayer, MD, seorang dokter kedokteran olahraga di Northwestern Medicine Running Medicine Clinic, penggunaan masker bagi orang-orang yang berolahraga perlu dipertimbangkan secara serius. Terutama jika dia berolahraga di tempat yang berisiko tinggi menjadi pusat penyebaran COVID-19.

"Mendorong orang untuk memakai masker di depan umum membantu mengurangi penyebaran virus Corona. Saya percaya bahwa orang-orang yang berolahraga lari di luar harus mempertimbangkan rekomendasi ini dengan serius tergantung pada rute lari yang akan ditempuh," kata Dr. Mayer.

ilustrasi keluarga olahraga bersamaIlustrasi keluarga olahraga bersama. Foto: iStock


Dokter Mayer mengatakan jika kamu akan berlari melewati jalan atau trotoar yang memungkinkanmu bertemu banyak orang atau ramai, maka akan lebih baik menggunakan masker penutup wajah. Namun jika kamu yakin tidak akan menemui siapapun saat berolahraga atau berlari di luar, seperti jika kamu tinggal di pedesaan yang berpenduduk kurang padat, maka kamu bisa keluar tanpa menggunakan masker.

"Jika kamu akan pergi berlari di sisi jalan yang aman dan benar-benar tidak bertemu orang lain, serta tidak perlu mengantisipasi orang lain akan berjarak 6 kaki atau sekitar 2 meter dari kamu maka masuk akal untuk mempertimbangkan berlari tanpa menggunakan masker," kata Dr. Mayer.

Menggunakan masker saat berolahraga, seperti berlari tentu akan sangat berpengaruh pada pernapasan dan kualitas olahraga. Berlari dengan menggunakan masker akan lebih sulit dibandingkan dengan berlari tanpanya. Dibutuhkan usaha yang lebih banyak untuk bernapas karena masker dapat menghambat aliran udara sampai batas tertentu. Selain itu, masker juga bisa menjadi sumber panas yang akan terasa tidak nyaman di wajah.

Sebagai solusi, Dr. Mayer menyarankan untuk membuat masker olahraga sendiri menggunakan kain yang lebih nyaman. Kamu bisa membuat masker dari pakaian olahraga yang kamu miliki. Bahan pakaian olahraga biasanya terasa lebih nyaman saat digunakan. Selain itu, bahan pakaian olahraga juga bisa menyerap keringat atau uap dari napas dengan lebih baik. Pastikan kamu menggunakannya dengan benar, menutupi hidung dan mulut.

Dr. Mayer juga mengatakan kamu bisa mempertimbangkan menggunakan masker penutup wajah bergaya ski atau pelindung kaki di sekitar mulut dan hidungmu, walaupun sebenarnya bahan tersebut mungkin hanya memiliki lubang kecil untuk aliran udara. Namun yang terpenting adalah selalu menjaga jarak setidaknya sekitar 2 meter dari orang lain.

Side view image of fitness woman doing sit ups on an exercise mat. Muscular young woman lying on exercise mat with her hands behind head doing stomach exercises.Ilustrasi wanita olahraga. Foto: Thinkstock


Siapa Saja yang Terbilang Aman untuk Pergi ke Luar Rumah Tanpa Harus Menggunakan Masker?

Dengan mempertimbangkan pedoman dari CDC, Dr. Mayer meyimpulkan bahwa orang yang terbilang aman untuk pergi ke luar rumah tanpa menggunakan masker sebagai berikut:

1. Orang yang tidak sakit dan tidak menunjukkan gejala virus Corona, seperti batuk, demam, atau sesak napas.

2. Orang yang tinggal di daerah sepi penduduk, sehingga memungkinkan untuk tidak bertemu atau meghindari siapapun saat berolahraga atau pergi ke luar rumah.

Walaupun demikian, Dr. Mayer kembali menegaskan penting untuk menggunakan masker jika kamu berolahraga di daerah yang ramai atau memungkinkanmu untuk bertemu dengan orang banyk. Bahkan saat menggunakan masker kamu tetap harus berjarak setidaknya sekitar 2 meter dari orang lain.



Simak Video " Wujud Masker Rp 22 Miliar Bikinan Israel Berlapis Emas dan Berlian"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/hst)