Ini Aturan Pakai Masker yang Benar untuk Maksimal Cegah Corona

Vina Oktiani - wolipop Rabu, 08 Apr 2020 17:21 WIB
Young woman wearing face mask because of air pollution in the city Aturan memakai masker yang benar. Foto: Istock
Jakarta -

Untuk mencegah penularan infeksi COVID-19, saat ini setiap orang diwajibkan untuk menggunakan masker penutup wajah. Masker penutup wajah sendiri memiliki berbagai macam jenis. Ada masker yang memang khusus dibuat untuk tim medis, masker kain yang dapat dicuci, dan masker debu serta alergi. Sayangnya sebagian masker tersebut tidak memberikan perlindungan efektif untuk mencegah virus Corona atau virus lain sehingga kita tetap harus mengombinasikannya dengan cara pencegahan lainnya, seperti rajin mencuci tangan dan melakukan isolasi diri.

Sebenarnya masker penutup wajah yang paling efektif untuk mencegah virus Corona adalah masker N95. Masker N95 dapat menyaring hingga 95% virus di udara, sekalipun virus berukuran sangat kecil. Namun karena kelangkaan yang terjadi, maka masker N95 dan masker medis kini lebih ditujukan bagi para tenaga medis. Sedangkan kita yang bukan tenaga medis bisa menggunakan masker jenis lainnya, seperti masker kain.

Aturan Menggunakan Masker yang Benar

Agar masker yang dipakai dapat bekerja dengan efektif maka kamu perlu menggunakannya dengan benar. Berikut ini cara menggunakan masker yang benar yang perlu kamu tahu, seperti dikutip dari Forekast:

1. Buang masker jika masker tersebut sudah rusak.

2. Jangan terbalik saat menggunakan masker. Pakai sisi yang berwarna di bagian luar dan yang putih di bagian dalam. Jika kamu menggunakan masker kain yang berwarna sama antara sisi luar dan dalam, maka pastikan kamu selalu memakainya dengan tidak terbalik, sisi yang di luar harus tetap dipakai menghadap ke luar.

3. Pastikan masker yang digunakan menutupi hidung sampai ke bawah dagu.

4. Jangan menyentuh permukaan masker saat mengenakan dan juga melepasnya. Cukup dengan menarik tali yang ada di kedua sisi masker.

5. Ganti masker jika sudah kotor atau terkena cairan tubuh. Bagi pengguna masker kain, kamu bisa dengan rutin mencucinya.

6. Jangan mendaur ulang atau menggunakan masker sekali pakai berulang kali. Namun jika benar-benar terpaksa maka kamu bisa menggunakannya untuk dirimu sendiri, jangan pernah meminjamkan atau menggunakan masker bekas orang lain. Satu masker hanya untuk satu orang.

7. Simpan dan buang masker dengan benar.

Mengingat WHO sendiri sudah mengatakan bahwa masker tidak efektif untuk mencegah infeksi COVID-19, maka kita tetap harus mengimbanginya dengan melakukan cara pencegahan lain, seperti dengan rajin mencuci tangan menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer serta melakukan isolasi diri. Selain itu, jaga kebersihan area tempat tinggalmu dengan rajin membersihkan permukaan-permukaan yang sering tersentuh.



Simak Video "BTS Masuk Daftar Selebriti dengan Bayaran Termahal di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)