Heboh Nagita Slavina Pakai Kalung Antivirus, Ini Kata Pakar Kesehatan

Kiki Oktaviani - wolipop Kamis, 26 Mar 2020 16:35 WIB
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina saat rilis album Rans di kawasan Kemang. Foto: Palevi S/detikFoto
Jakarta -

Pandemi virus Corona membuat orang semakin menjaga kebersihan dan kesehatan. Berbagai cara pencegahan dilakukan agar tidak terpapar dengan virus COVID-19. Nagita Slavina misalnya yang jadi heboh setelah menggunakan kalung antivirus. Meski begitu 'kalung kesehatan' tersebut masih diragukan kinerjanya untuk membunuh virus dan bakteri.

Produk dengan nama Toamit Virus Shut Out diproduksi di Jepang dan banyak dijual di berbagai negara di Asia. Produk yang cara pakainya digantungkan di leher tersebut diklaim dapat memblokir partikel bakteri dan virus, mengurangi infeksi dan menginfeksi orang lain.

Heboh Nagita Slavina Pakai Kalung Antivirus, Ini Kata Pakar KesehatanFoto: dok. Instagram


Seperti dikutip dari Hong Kong FP, produk tersebut kini telah dilarang dijual di Vietnam dan Thailand. Situs jual beli eBay juga telah melarang penjualan produk tersebut.

Meski begitu sejumlah toko di Hong Kong seperti SASA dan 7-Eleven masih menjualnya. Kalung tersebut pun belakangan ramai dijual di online shope di Indonesia. Sejumlah artis seperti Nagita Slavina, Ayu Ting Ting hingga Nia Ramadhani tampak terlihat menggunakan kalung tersebut.

Heboh Nagita Slavina Pakai Kalung Antivirus, Ini Kata Pakar KesehatanFoto: Istimewa



Dr. Jaka Pradipta Sp.P, pakar kesehatan yang belakangan aktif memberikan informasi dan edukasi terkait virus Corona mengatakan bahwa kalung antivirus tersebut tidak efektif untuk membunuh virus dan bakteri.

"Kandungannya adalah klorida yang merupakan bahan-bahan yang berperan sebagai desinfektan yang pemakaiannya tentu saja disemprotkan bukan digantung. Ketika disemprotkan juga butuh beberapa menit sampai virus dan bakteri benar-benar mati. Kalau digantung tidak ada efeknya," terang dr. Jaka saat dihubungi Wolipop, Kamis (26/3/2020).


Dokter spesialis paru itu menambahkan bahwa gantungan tersebut bahkan bisa memicu sumber kuman, terlebih jika dipakai berulang kali.

"Benda-benda yang kita pakai di tubuh saat kita pulang ke rumah kita harus melepasnya, kita tidak tahu bisa saja itu (kalung antivirus) jadi sumber kuman," tambah dr. Jaka.

Dr. Jaka mengingatkan kembali tentang cara pencegahan virus. Ia menegaskan bahwa yang terpenting adalah mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, sebisa mungkin tidak memegang wajah, jaga daya tahan tubuh, dan tetap diam di rumah selama pandemi.



Simak Video "Ilmuwan Ungkap Cara Paling Aman Bercinta di Tengah Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)