Bukan untuk Bersihkan HP Cegah Corona, Ini Fungsi Sebenarnya Alcohol Swabs

Hestianingsih - wolipop Senin, 23 Mar 2020 12:15 WIB
LONDON, ENGLAND - JULY 23:  Louise Brown takes part in a press conference to mark her approaching fortieth birthday, at the Science Museum on July 23, 2018 in London, England. On 25th July 1978, Louise Brown became the first baby to be born using the In Vitro Fertilisation technique pioneered by British researchers Robert Edwards, Patrick Steptoe and Jean Purdy.  The Science Museum in London is holding an exhibition entitled IVF: 6 Million Babies Later to celebrate the success of IVF.  (Photo by Leon Neal/Getty Images) Ilustrasi alcohol swabs. Foto: istimewa
Jakarta -

Setelah masker dan hand sanitizer langka di pasaran, alcohol swabs kini pun sulit ditemukan, seiring semakin banyaknya kasus terkait virus corona. Kalaupun dijual di lapak online, harganya naik lebih dari dua kali lipat, dari Rp 15 ribuan per box isi 100 menjadi di atas Rp 40 ribu, bahkan ada yang menjual hingga Rp 70 ribuan per box.

Alcohol swabs adalah kapas terbuat dari katun yang telah direndam isopropyl alcohol 70 persen, dikemas per satuan dalam bungkus aluminum. Lagi-lagi, kelangkaan alcohol swabs membuat orang yang benar-benar membutuhkannya menjerit.

Pasalnya mereka yang kurang teredukasi tentang fungsi alcohol swabs menggunakannya untuk membersihkan ponsel. Padahal kegunaan alcohol swabs jauh lebih penting dari itu.


Belakangan ramai seruan di media sosial agar tidak memakai alcohol swabs untuk membersihkan ponsel atau laptop. Respons ini menyusul viral alcohol swabs yang banyak digunakan netizen sebagai 'obat' steril ponsel.

Apa fungsi sebenarnya alcohol swabs? Simak pemaparan di bawah agar kamu tidak panic buying membeli alcohol swabs sampai berkotak-kotak dengan harga tinggi.

1. Sterilisasi Sebelum Injeksi

Ilustrasi fungsi sebenarnya alcohol swabs. Foto: Leon Neal/Getty Images


Alcohol swabs adalah salah satu perangkat medis yang umum ditemukan di setiap rumah sakit atau klinik. Seperti dikutip dari Leaf.tv, fungsi utama alcohol swabs adalah untuk membersihkan kulit sebelum injeksi. Baik itu suntikan obat, pemasangan infus maupun pengambilan darah.

Membersihkan kulit pada area yang akan ditusuk jarum membantu mencegah infeksi bakteri. Alcohol swabs hanya boleh dipakai sekali dan jangan pernah digunakan bergantian.

2. Membersihkan Jari-jari Tangan

Terkadang alcohol swabs juga digunakan untuk membersihkan jari-jari tangan termasuk ibu jari sebelum suntik. Alcohol swabs juga berfungsi membersihkan darah setelah penyuntikan atau di permukaan benda lainnya yang perlu disterilkan.


3. Digunakan Sebelum Suntik Insulin

Fungsi alcohol swabs untuk suntik insulin. Foto: Getty Images


Dilansir Mothership, alcohol swabs sangat diperlukan mereka yang mengidap diabetes. Seperti disebut dalam poin satu, alcohol swabs digunakan untuk mensterilkan kulit sebelum injeksi, termasuk suntik insulin yang harus rutin dilakukan setiap hari oleh penderita diabetes.

Itulah tiga fungsi utama alcohol swabs. Jadi sebaiknya kamu tidak membeli alcohol swabs untuk membersihkan ponsel atau sebagai pengganti hand sanitizer. Membersihkan ponsel bisa dilakukan hanya dengan kain lembut yang telah dibasahi air dan sabun. Ingat, banyak rumah sakit dan penderita diabetes jauh lebih membutuhkannya. Kelangkaan alcohol swabs akan membuat harga jualnya naik tinggi dan kamu tidak akan membantu mereka di situasi genting seperti ini jika bersikap tak acuh dan egois.



Simak Video "Tahu Nggak Sih? Ini Daya Tahan Virus Corona di Berbagai Benda"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)