Di Tengah Kepanikan, Ini 8 Momen yang Bikin Haru Selama Pandemi Virus Corona

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 19 Mar 2020 18:30 WIB
VANCOUVER, BRITISH COLUMBIA - APRIL 4:  Reporter Wendy Luo holds up a N95 mask manufactured by 3M, one of the only masks that guards against germs such as severe acute respiratory syndrome (SARS) April 4, 2003 in Vancouver, British Columbia, Canada. A SARS clinic opened at noon today at St. Vincents Hospital in Vancouver, British Columbia, Canada. SARS is a flu-like illness which has killed at least 80 people, mostly in Asia, and more than 2,200 have been infected around the world. U.S. President George W. Bush listed the mystery virus as a communicable disease by executive order today.  (Photo by Don MacKinnon/Getty Images) Foto: iStock
Jakarta -
Selama virus Corona jadi pandemi, banyak berita dan laporan yang membuat warga dunia semakin panik. Terlebih kini di Indonesia, sudah lebih dari 200 orang dinyatakan positif dan 19 meninggal karena Covid-19. Di tengah kekhawatiran akan penyakit menular ini, masih banyak momen-momen yang menghangatkan hati. Berikut delapan peristiwa yang membuat haru sekaligus memberi semangat selama pandemi virus Corona.

Menyanyi Bersama

[Gambas:Instagram]


Selama masa karantina atau isolasi, beberapa warga dunia harus tinggal di rumah. Dari pada menghadapi rasa kebosanan atau frustrasi karena pandemi virus Corona baru ini, banyak orang bersama-sama menyanyi. Mereka yang tinggal di apartemen beralih ke jendela untuk saling menguatkan dengan nyanyian. Seperti yang terjadi di Copenhagen berikut di mana orang-orang melantunkan 'You've Got a Friend' yang bikin haru.

Menari Bersama

[Gambas:Instagram]



Salah satu negara yang terkena dampak cukup parah karena virus Corona hingga menerapkan 'lockdown' adalah Italia. Seperti di Copenhagen, viral beberapa video yang menunjukkan mereka menyanyi bersama untuk saling menyemangati. Selain menyanyi, mereka yang dikarantina juga menghibur diri dengan menarikan lagu 'La vita e bella' atau 'Hidup itu Indah'.

Pekerja Medis Dapat Tepukan Meriah

[Gambas:Instagram]


Dokter, perawat, dan para pekerja medis yang menjadi garda terdepan melawan virus Corona patut disebut pahlawan. Mengetahui hal itu, orang-orang yang dikarantina di berbagai daerah di Spanyol berkoordinasi untuk memberikan apresiasi dengan bertepuk tangan untuk para ahli medis.

Masih Banyak Orang Baik

[Gambas:Instagram]



Di tengah situasi yang mengkhawatirkan seperti ini, banyak orang memikirkan diri sendiri. Namun masih banyak orang baik yang bahkan menawarkan diri menjadi voluntir demi membantu mereka yang membutuhkan. Misalnya kartu yang disebar di Tooting, Inggris ini di mana orang-orang mengisolasi diri dan orang-orang tua dapat meminta berbagai bantuan dari para voluntir.

Sumbangan dari Para Artis

[Gambas:Instagram]



Di Korea Selatan, puluhan artis berlomba-lomba untuk membantu negaranya melawan virus Corona. Tak sedikit pula yang mengeluarkan hingga Rp 1 miliaran dari kantong sendiri untuk upaya pencegahan dan penyembuhan. Dikatakan jika mereka memang sengaja menyebut nama dan jumlah agar para korban merasa tidak sendirian.

Tak hanya di Korea, sejumlah pesohor dunia termasuk Donatella Versace, Blake Lively, hingga Ryan Reynolds juga telah menawarkan bantuan yang tidak sedikit. Di Indonesia, beberapa artis seperti Nikita Mirzani juga telah tergerak untuk memberikan bantuan dana.

Penggalangan Dana

[Gambas:Instagram]



Selain itu, ada pula yang menginisiasi penggalangan dana untuk membantu mengatasi virus Corona, sebut saja Afgan, Atta Halilintar, hingga Rachel Vennya yang menargetkan bantuan senilai ratusan juta hingga Rp 2 miliar. Terakhir Rachel Vennya bahkan telah mengumpulkan donasi hingga Rp 4 miliaran.

Bantuan dari Malaikat Kecil

[Gambas:Instagram]



Salah satu berita menghangatkan hati di tengah pandemi virus Corona datang dari Australia di mana dua teman dari Queensland memakai uang jajan mereka sendiri untuk menyumbang. Dari uang itu, mereka membelikan tisu toilet dan membagikannya kepada para tetangga yang sudah tua.

Pembagian Hand Sanitizer

[Gambas:Instagram]



Selama pandemi virus Corona, masker dan hand sanitizer jadi barang yang langka. Mengetahui itu, LVMH, perusahaan yang membawahi Dior, Givenchy, dan lain-lain pun menyatakan akan memproduksi gel desinfektan dari pada parfum dan membagikannya gratis ke rumah sakit dan pihak kesehatan.

Di Indonesia, hal ini juga mulai dilakukan sejumlah orang di beberapa tempat. Salah satunyadipeloporiolehTricipta. Hingga kini, ia telah membagikan ratusan hand sanitizer di Bandung.



Simak Video "Tren Belanja Online Jadi Pemasok Sampah Plastik Terbanyak"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)