Kulit Kering Karena Terlalu Sering Mencuci Tangan? Begini Solusinya

Vina Oktiani - wolipop Rabu, 11 Mar 2020 11:10 WIB
Shot of a young woman washing her hands in a bathroomhttp://195.154.178.81/DATA/i_collage/pi/shoots/783538.jpg Foto: Frieda Isyana Putri/detikcom/Mencuci tangan dan memakai hand sanitizer berlebihan demi mencegah virus Corona bisa membuat tangan kering.
Jakarta -

Covid-19 atau virus Corona adalah salah satu penyakit yang sedang ramai diperbincangkan belakangan ini. Agar terhindar dari bahaya terinfeksi virus tersebut, kita dianjurkan untuk menjalankan gaya hidup sehat, salah satunya adalah dengan rajin mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer.

Sayangnya, terlalu sering mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer justru bisa membuat kulit kering. Semakin kering kulit tanganmu maka semakin memudahkan bakteri untuk masuk. Oleh karena itu, sangat penting untuk tetap menjaga kelembapan kulit tangan.

Seperti dikutip dari Slate, dokter kulit di UCLA Medical Center, Dr. Sara Hogan menjelaskan bahwa lapisan kulit yang paling luar, stratum corneum, terdiri dari sel-sel kulit mati yang berfungsi untuk melindungi kulit dari kotoran, mikroba, dan juga menjaga kelembapan kulit. Terlalu sering mencuci tangan dapat merusak lapisan penghalang tersebut dan menyebabkan kulit kehilangan kelembapannya. Untuk menghindari kulit kering, sangat penting untuk tetap menggunakan produk-produk yang dapat melembapkan kulit tanganmu.

Selain menggunakan pelembap tangan, seperti dikutip dari Self, beberapa cara di bawah ini juga dapat kamu lakukan untuk mencegah tangan menjadi kering.

1. Gunakan Sabun Pencuci Tangan yang Lembut

Cara menghindari kulit kering karena terlalu banyak mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer yang pertama adalah dengan menggunakan sabun pencuci tangan yang lembut. Sabun pencuci tangan yang mengandung anti bakteri sama seperti hand sanitizer yang mengandung alkohol. Keduanya bisa terlalu keras dan membuat kulit menjadi kering. Kabar baiknya, kamu tidak perlu menggunakan pembersih tangan seperti di atas untuk membunuh bakteri dan virus. Cukup dengan menggunakan sabun biasa. Gesekan yang diciptakan dari tindakan mekanik mencuci tangan dan bahan pembersih surfaktan dalam sabun dapat menghilangkan mikroba dan bakteri pada tangan. Saat ini, mencuci tangan dengan sabun adalah salah satu cara yang direkomendasikan oleh CDC untuk mencegah penyebaran virus Corona. Cucilah tangan dengan benar setidakya selama 20 detik.

2. Cuci Tangan dengan Air Hangat

Kulit Kering Karena Terlalu Sering Mencuci Tangan? Begini SolusinyaFoto: iStock

Cara menghindari kulit kering karena terlalu banyak mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer yang kedua adalah dengan mencuci tangan menggunakan air hangat. Mencuci tangan menggunakan air yang terlalu dingin atau panas akan membuatmu merasa tidak nyaman dan kulit menjadi semakin kering. Oleh karena itu dokter kulit dan asisten klinis profesor dermatologi di NYU School of Medicine, Shari Marchbein menyarankan untuk menggunakan air hangat saat mencuci tangan.

3. Gunakan Pelembab

Cara menghindari kulit kering karena terlalu banyak mencuci tangan yang ketiga adalah dengan menggunakan pelembab tangan di saat kondisi kulit masih lembab atau setengah kering. Dengan demikian, kamu akan membantu mengunci air dan kelembaban itu kembali ke dalam kulit. Namun jangan menggunakan krim tangan yang dipakai secara bersama-sama dengan orang lain karena krim tersebut dapat dengan mudah terkontaminasi. Sebaiknya, beli dan gunakan krim tangan pribadi. Walaupun sebenarnya kulit yang lembab lebih mudah terkontaminasi mikroba daripada kulit yang kering, namun sebagian besar produk krim tangan bisa menyerap dengan sangat cepat. Jadi, usahakan untuk mengeringkan tangan terlebih dahulu setelah menggunakan pelembab sebelum kembali menyentuh sesuatu.

4. Pilih Pelembab dengan Bahan Ini

Cara menghindari kulit kering karena terlalu banyak mencuci tangan yang keempat adalah memilih pelembab tangan yang memiliki kandungan ceramides, petrolatum, dan dimethicone. Krim atau pelembab tangan dengan kadungan-kandungan tersebut memiliki sifat oklusif, artinya dapat mengunci kelembaban dengan lebih baik. Ceramides, petrolatum, dan dimethicone dapat membantu barrier kulit untuk menyimpan air dan mengurangi kemungkinan iritasi. Pelembab atau krim tangan yang mengandung bahan-bahan humektan, seperti hyaluronic acid atau glycerin akan membantu membantu memberi tambahan air atau kelembapan ke kulit, tetapi yang memiliki sifat oklusif akan membantu mempertahankannya.

5. Gunakan Pelembab yang Bersifat Lebih Oklusif Pada Malam Hari

Cara menghindari kulit kering karena terlalu banyak mencuci tangan yang kelima adalah dengan menggunakan pelembab atau krim tangan yang lebih berat dan bersifat lebih oklusif pada malam hari. Kamu mungkin tidak akan merasa nyaman jika menggunakannya pada siang hari karena akan membuat tanganmu terasa lengket. Oleh karena itu cara terbaik untuk menggunakannya adalah saat di malam hari.

6. Gunakan Sarung Tangan Saat Bersih-bersih

Kulit Kering Karena Terlalu Sering Mencuci Tangan? Begini SolusinyaFoto: Thinkstock

Cara menghindari kulit kering karena terlalu banyak mencuci tangan yang keenam adalah dengan menggunakan sarung tangan saat bersih-bersih. Jika kamu sedang mengalami masalah kulit kering karena terlalu sering mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer maka kamu harus lebih berhati-hati jangan sampai kulitmu menjadi semakin kering. Cobalah untuk menggunakan sarung tangan saat bersih-bersih, karena produk-produk pembersih rumah dapat membuat kulit menjadi kering. Selain itu, produk pembersih rumah juga bisa menyebabkan iritasi hingga dermatitis kulit sehingga sangat penting untuk menggunakan sarung tangan sebelumnya.

7. Perhatikan Lingkunganmu

Biasanya jika suhu udara di lingkunganmu terlalu dingin maka itu akan mempengaruhi kelembaban kulit dan kulit akan menjadi kering. Namun jika suhu udara di lingkungan sekitar kita terlalu panas maka itu juga bisa membuat kulit menjadi kering. Jika permasalahan kulit kering yang kamu alami adalah karena hal ini maka kamu mungkin harus membeli humidifier, alat yang dapat membantu memerangi udara kering seperti yang telah disebutkan di atas.

8. Bagi Penderita Eksim, Konsultasi ke Dokter

Cara menghindari kulit kering karena terlalu sering mencuci tangan yang terakhir adalah dengan berkonsultasi ke dokter. Terutama bagi orang yang memiliki eksim maka pencucian tangan yang berlebihan dapat memperburuk kondisinya tersebut. Oleh karena itu agar terhindar dari kulit kering, sebaiknya orang yang memiliki riwayat penyakit kulit memeriksakan hal tersebut ke dokter sehingga dokter dapat meresepkan obat terbaik untuk melindungi kulit dari kekeringan. Jika perlu dokter akan meresepkan obat dengan kortikosteroid yang berfungsi untuk membantu kulit cepat sembuh.



Simak Video "Strategi Industri Fashion Brand Lokal untuk Tahun 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)