10 Manfaat Buah Plum Merah yang Tinggi Antioksidan

Lusiana Mustinda - wolipop Jumat, 06 Mar 2020 09:04 WIB
red plums isolated Manfaat buah plum merah. Foto: Getty Images/iStockphoto/bergamont
Jakarta -

Kekuatan antioksidan yang terkandung dalam buah plum merah ini bermanfaat untuk membantu cegah dan mengelola osteoporosis, degenerasi makula, kanker hingga diabetes. Manfaat buah plum merah untuk kesehatan juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah hingga meningkatkan sistem imunitas.

Plum adalah buah yang kandungan airnya cukup tinggi dan memiliki beragam warna serta bentuk lebih dari 2000 varietas yang berbeda. Buah plum merah memiliki biji dengan bentuknya terdapat lipatan di bagian tengahnya. Buah plum sangat bervariasi warna kulitnya, ada yang kuning, merah tua, ungu hingga hitam.

Dilansir dalam organicsfacts.net, menurut USDA National Nutrient Database memaparkan bahwa plum merah ini mengandung sumber terbaik dari vitamin A, vitamin C, folat dan vitamin K. Buah plum juga mengandung sumber vitamin B1, B2, B3, B6 dan vitamin E yang baik.

Manfaat buah plum merah dan cara mengkonsumsinya

1. Tinggi Antioksidan

Manfaat buah plum merah.Manfaat buah plum merah. Foto: iStock

Buah plum merah mengandung vitamin C dan fitonutrien seperti lutein, cryptoxanthin hingga asam klorogenat. Komponen-komponen ini memiliki kualitas antioksidan yang efektif sehingga dapat mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food, oleh para peneliti di Perancis menyimpulkan bahwa fenol yang ada di dalam plum ini dapat memperluas efek perlindungan pada lemak esensial di neuron dan membran sel terhadap cedera yang disebabkan oleh stres oksidatif.

2. Cegah Diabetes

Manfaat buah plum merah.Manfaat buah plum merah. Foto: Getty Images/iStockphoto/bergamont

Manfaat buah plum merah segar sangat membantu untuk memerangi diabetes. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Biomedical Research pada tahun 2005 telah menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak plum dapat membantu mengurangi gula darah dan kadar trigliserida dalam tubuh.

Kandungan flavonoid yang ada di plum dapat memberikan efek perlindungan terhadap resistensi insulin dan membantu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh.

3. Cegah Osteroporosis

Manfaat buah plum merah.Manfaat buah plum merah. Foto: Getty Images/iStockphoto/bergamont

Konsumsi buah plum kering dapat memberikan tindakan anabolik dan resorptif yang membantu menjaga kesehatan tulang. Polifenol bersama dengan kandungan kalium yang ada dalam buah plum kering dapat mendorong pembentukan tulang, meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah pengroposan tulang yang disebabkan kekurangan hormon ovarium.

Bernard P Halloran melakukan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition yang menunjukkan bahwa konsumsi buah plum kering secara teratur dapat membantu pemulihan kepadatan tulang yang hilang seiring dengan pertambahan usia.

4. Lancarkan Pencernaan

Manfaat buah plum merah.Manfaat buah plum merah. Foto: Getty Images/iStockphoto/bungoume

Manfaat buah plum merah untuk diet adalah dapat melancarkan pencernaan. Buah plum mengandung serat yang sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Attaluri. A, dari University of lowa Carver College of Medicine, Amerika Serikat yang diterbitkan dalam Alimentary Pharmacology and Therapeutics Journal, plum kering lebih efektif dalam mengobati gangguan pencernaan seperti sembelit.

5. Sehatkan Sistem Saraf

Manfaat buah plum.Manfaat buah plum. Foto: Getty Images/iStockphoto/bungoume

Buah plum mengandung vitamin B6 yang dapat membantu transmisi sinyal saraf dan membantu kelancaran kerja sistem saraf. Mereka juga membantu dalam pertumbuhan normal otak dan membantu pembentukan hormon yang mempengaruhi suasana hati.

Asam amino tryptophan yang terkandung di dalamnya dapat membantu produksi neurotransmitter serotonin yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas tidur, nafsu makan dan konsentrasi.

6. Tingkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat buah plum merah.Manfaat buah plum merah. Foto: Getty Images/iStockphoto/bergamont

Para peneliti dari Department of Food Science and Nutrition dari University of Minnesota, Amerika Serikat mendukung fakta bahwa konsumsi buah plum kering dapat membantu meningkatkan fluiditas darah di arteri. Efek perlindungan ini membantu dalam pencegahan berbagai gangguan jantung, termasuk aterosklerosis, serangan jantung dan stroke.

7. Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat buah plum merah.Manfaat buah plum merah. Foto: Getty Images/iStockphoto/bergamont

Manfaat buah plum merah untuk kesehatan adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi dan peradangan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa plum memiliki konstituen imunostimulan yang bisa mendorong produksi oksida nitrat dalam tubuh, menghambat metastasis sel tumor dan bermanfaat mencegah berbagai penyakit.

8. Mengatur Kadar Kolesterol

Manfaat buah plum merah.Manfaat buah plum merah. Foto: Getty Images/iStockphoto/bergamont

Plum segar atau plum kering dapat membantu mencegah hiperkolesterolemia dan hiperlipidemia. Sebuah studi perbandingan oleh para peneliti di Departmen of Nutrition, University of California, Amerika Serikat telah membuktikan kemanjuran buah plum dibandingkan dengan jus anggur dalam mempertahankan kadar plasma dan kolesterol hati yang sehat.

Kandungan serat yang terkandung di dalamnya juga dapat menambah efek perlindungan jantung dengan mengurangi LDL atau kolesterol jahat dan membantu meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik.

9. Potensi Anti Kanker

Manfaat buah plum merah.Manfaat buah plum merah. Foto: Getty Images/iStockphoto/bungoume

Ektrak buah plum telah terbukti bermanfaat dalam pengobatan kanker. Studi yang dilakukan dan dipublikasikan oleh Dr. Lavanya Reddivari, Dr. Venkata Charepalli dan kawan-kawan dari Departmen of Plant Science, The Pennsylvania State University, Amerika Serikat telah menunjukkan bahwa komponen epicatechin hadir dalam buah plum. Ini dapat membantu menghambat pertumbuhan dan proliferasi ganas sel kanker dan menginduksi apoptosis pada karsinoma hepatoseluler manusia atau kanker hati.

10. Perawatan Kulit

Manfaat buah plum merah.Manfaat buah plum merah. Foto: iStock

Manfaat buah plum merah untuk kecantikan bisa menjaga kulit tetap sehat, bercahaya dan awet muda karena kandungan vitamin C dan antioksidannya. Rutin mengonsumsi buah plum juga dapat membantu mengurangi bintik-bintik hitam dan kerutan karena adanya nutrisi anti penuaan. Sedangkan esktrak buah plum sering digunakan sebagai campuran berbagai produk perawatan kulit seperti cuci muka dan juga masker wajah.



Simak Video "Antusiasme 12 Asdos Bareng Maudy Ayunda di d'Youthizen"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)