Cara Mengatur Alarm di Handphone Supaya Bangun Lebih Segar Saat Pagi

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 02 Mar 2020 21:00 WIB
Girl looks at her smartphone Foto: thinkstock
Jakarta -

Kini semua orang tak lagi butuh jam weker untuk mengingatkan bangun. Dengan handphone, kita bisa dengan praktis mengatur alarm. Umumnya kita juga bisa memilih suara bahkan lagu untuk membangunkan mereka. Jika Anda juga mengandalkan handphone sebagai alarm, ada cara untuk membuat bangun pagi jadi lebih segar. Yakni dengan mengganti suara alarm.

Studi yang dilakukan Royal Melbourne Institute of Technology mengungkap ada satu cara mudah untuk bangun lebih segar. Yang perlu dilakukan hanyalah mengganti suara alarm yang biasanya digunakan untuk membangunkan diri. Berdasarkan riset, Anda perlu menggunakan alarm dengan suara yang bermelodi.

Umumnya suara-suara yang terkesan mengejutkan dan memperingatkan digunakan sebagai alarm. Namun suara tersebut malah bisa menyebabkan pusing atau yang sering disebut 'sleep inertia'. Justru dengan lagu yang tenang dan bermelodi indah Anda akan bangun lebih segar.

"Kita pikir suara 'beep beep beep' yang keras bisa merusak atau membuat bingung otak kita ketika bangun tapi suara yang lebih melodik seperti (lagu) Beach Boys 'Good Vibrations' atau The Cure 'Close to Me' bisa membantu kita bertransisi ke tahap bangun dengan lebih efektif," kata co-author studi Adrian Dyer.

Ketika Anda bangun dengan lebih segar dan tenang, tubuh pun akan menjadi lebih prima untuk beraktivitas. Anda juga akan lebih tidak menunda waktu bersiap-siap di pagi hari sehingga masuk kantor tepat waktu.

Tak disangka suara mengejutkan yang biasa digunakan untuk alarm malah bisa membuat pusing. Adrian menjelaskan efeknya. "Orang-orang perlu tahu bahwa efek negatif 'sleep inertia' pada performa manusia setelah bangun. Rasa pusing tersebut mungkin bisa dirasakan di fase ini biasanya bertahan hingga 30 menit, tapi, dilaporkan juga bisa dua hingga empat jam," ungkap Adrian.



Simak Video "BTS Masuk Daftar Selebriti dengan Bayaran Termahal di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(sra/sra)