Cegah Corona, Orang Italia Diminta untuk Tidak 'Cipika-cipiki'

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 27 Feb 2020 09:47 WIB
ilustrasi pasangan berpelukan Foto: thinkstock
Jakarta -

Orang Italia dikenal tak ragu melakukan sentuhan fisik untuk menunjukkan kedekatan, sambutan, hingga penghormatan. Salah satu cara mereka menyapa satu sama lain adalah dengan mencium pipi kanan dan kiri atau yang sering disebut orang Indonesia 'cipika-cipiki'. Telah menjadi sebuah tradisi, tapi kini mereka diminta untuk tidak melakukannya karena virus corona.

Mewabahnya virus Corona menimbulkan kekhawatiran hampir seluruh warga dunia. Italia pun telah melakukan sejumlah cara pencegahan, termasuk melarang sebagian orang Asia Timur masuk ke negaranya. Kini, ada bahasan mengenai berisikonya orang Italia saling mencium pipi karena dinilai bisa memperparah penyebaran virus Covid-19 tersebut.

Dilansir Daily Star, para pakar di Italia mengungkap kekhawatirannya akan salam khas orang Eropa yang bisa menularkan virus Corona. Mereka pun menyarankan agar orang-orang mengurangi sentuhan dengan orang lain, termasuk cium pipi atau berpelukan.

"Orang-orang dalam sejumlah grup sudah mulai menyarankan agar kita tidak saling memberi ciuman ganda di pipi (cipika-cipiki) ketika bertemu atau berpisah lagi. Dengan orang yang tidak dikenal, itu masuk akal," kata Giorgia Nigri seorang ekonomis dari Roma, Italia.

Hal ini pun disetujui pakar yang mengatakan jika cara memang bisa jadi salah satu pencegahan. "Itu adalah salah satu dari beberapa cara yang kamu bisa lakukan sendiri untuk memperkecil risiko," kata Michael Osterholm, seorang ahli penyakit menular dari University of Minnesota.

Di Italia sendiri, dilaporkan telah ada 12 orang yang meninggal karena virus tersebut. Dikatakan jika kebanyakan orang tertular karena batuk dan bersin. Menurut data WHO, kini telah ada lebih dari 80 ribu kasus virus corona di 34 negara.



Simak Video "Resepsi Nikah Ditunda karena Corona, Gimana Vendor Fotografi Menyikapinya?"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)