Menurut Para Ahli, Liburan Bersama Ibu Bisa Bikin Panjang Umur

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 26 Feb 2020 15:01 WIB
ilustrasi ibu Ilustrasi kedekatan ibu dan anak. Foto: iStock.
Jakarta -

Perjalanan wisata biasanya dilakukan dengan teman atau keluarga besar untuk menghabiskan waktu bersama. Masih jarang orang melakukan traveling bersama dengan ibu saja.

Padahal menurut penelitian dari Harvard Medical School, travelling berduaan saja dengan ibu bisa membuat hidup lebih lama alias panjang umur. Penelitian yang diterbitkan pada 2019 itu menjelaskan bahwa ketika seseorang menghabiskan liburan dengan orang yang memiliki hubungan atau ikatan kuat dengan dirinya, dapat membantu meningkatkan kesehatan orang tersebut.

Menurut Para Ahli, Liburan Bersama Ibu Bisa Bikin Panjang UmurIlustrasi ibu dan anak. Foto: dok. Thinkstock.


Penelitian tersebut menemukan bahwa liburan bersama dengan ibu bisa meringankan tingkat stres, meningkatkan respon imun dan mengurangi kemungkinan penyakit jantung. Para ilmuwan juga lebih merincikan bahwa travelling yang dilakukan ibu dan anak saja memiliki manfaat kesehatan jangka panjang. Manfaat ini hampir sama kadarnya dengan kualitas tidur malam yang baik, tidak merokok dan menjalani diet sehat.

Penelitian juga mengutip studi lain mengenai pengaruh kekuatan hubungan seseorang dengan orang lain. Dalam riset yang melibatkan lebih dari 309 ribu responden itu ditemukan bahwa kurangnya menjalin hubungan yang kuat dengan keluarga bisa meningkatkan risiko kematian dini atau sebanding dengan kebiasaan merokok hingga 15 rokok sehari.

Jadi, tunggu apa lagi? Rencanakan segera liburan kamu bersama dengan ibu tersayang.



Simak Video "Kostum Travelling Tim Nigeria Mirip Kostum Black Panther"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)