8 Faktor Penyebab Kanker Secara Umum yang Perlu Diwaspadai

Hestianingsih - wolipop Jumat, 07 Feb 2020 16:42 WIB
Ilustrasi kanker payudara Ilustrasi penyebab kanker secara umum. Foto: iStock
Jakarta -

Kanker merupakan penyebab kematian terbanyak kedua di dunia. Menurut data World Health Organization, 9,6 juta kematian disebabkan oleh kanker pada 2018 dan secara global 1 dari 6 orang meninggal karena kanker.

Kanker terjadi karena mutasi sel-sel normal secara berulang. Menyebabkan terbentuknya sel abnormal ganas yang berkembang tak terkendali sehingga mengganggu aktivitas sel-sel normal. Penyebab kanker secara umum tidak hanya pada satu faktor saja tapi bisa dipengaruhi banyak pemicu.

Penyebab kanker secara umum bisa karena faktor keturunan dan lingkungan. Faktor keturunan atau istilahnya congenital adalah kanker yang terjadi karena seseorang sudah berpotensi kanker sejak sebelum dilahirkan. Sementara faktor lingkungan atau acquired adalah penyebab kanker karena gaya hidup tidak sehat atau terpapar radiasi sinar matahari maupun nuklir.


Berikut ini faktor-faktor penyebab kanker secara umum yang perlu diwaspadai. Namun perlu digarisbawahi bahwa faktor-faktor ini tidak serta merta langsung menyebabkan kanker namun meningkatkan risiko seseorang terkena kanker.

8 Penyebab Kanker Secara Umum yang Perlu DiwaspadaiIlustrasi penyebab kanker secara umum. Foto: iStock


1. Riwayat Keluarga

Seperti dikutip dari Cancer Institute NSW, beberapa keluarga membawa gen bermasalah yang bisa diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Jika ada keluarga dengan riwayat kanker, maka keturunannya lebih berisiko terkena kanker jenis tertentu.

2. Merokok

Ada macam-macam penyakit kanker dan lima yang paling umum menyebabkan kematian adalah kanker paru-paru, kanker usus besar, kanker perut, kanker hati dan kanker payudara. Kanker paru-paru yang paling banyak menyebabkan kematian umumnya merupakan akibat dari kebiasaan merokok.

Penyebab kanker secara umum yang menyerang paru-paru dan sejumlah kanker lainnya adalah paparan bahan kimia yang terkandung dalam rokok tembakau.


3. Konsumsi Alkohol Berlebihan

Penyebab kanker secara umum selanjutnya adalah konsumsi alkohol yang berlebihan. Terlalu banyak minum minuman beralkohol sering dikaitkan sebagai penyebab kanker hati.

8 Penyebab Kanker Secara Umum yang Perlu DiwaspadaiIlustrasi penyebab kanker secara umum. Foto: iStock


4. Paparan Sinar Matahari Terlalu Sering

Radiasi ultraviolet dari sinar matahari merupakan penyebab melanoma dan jenis-jenis kanker kulit lainnya seperti Karsinoma Sel Basal dan Karsinoma Sel Skuamosa.

5. Virus dan Bakteri

Penyebab kanker secara umum selanjutnya adalah virus dan bakteri. Beberapa jenis virus bisa memicu penyakit kanker jika tidak diobati dengan tepat. Misalnya saja HPV (human papilloma virus), virus yang ditularkan lewat hubungan seksual ini bisa menyebabkan kanker serviks.


6. Kegemukan atau Obesitas

Kegemukan dan obesitas merupakan penyebab beberapa jenis kanker. Seperti dilansir Cancer Research UK, semakin gemuk atau obesitas seseorang maka semakin besar risiko terkena kanker.

Jenis-jenis kanker yang dipicu kegemukan atau obesitas di antaranya kanker payudara (biasa terjadi setelah wanita menopause), kanker usus, kanker pankreas, kanker ginjal dan kanker hati. Namun kanker akibat kegemukan dan obesitas paling bisa dicegah yakni dengan mengubah pola makan lebih sehat dan rajin olahraga.

8 Penyebab Kanker Secara Umum yang Perlu DiwaspadaiIlustrasi penyebab kanker secara umum. Foto: iStock


7. Diet Tidak Sehat

Penyebab kanker secara umum berikutnya adalah pola makan atau diet yang tidak sehat. Misalnya sering makan junk food, mengonsumsi makanan olahan pabrik setiap hari, terlalu banyak makan makanan mengandung pengawet, terlalu banyak konsumsi gula dan garam hingga mengonsumsi minyak trans berlebihan.

Studi yang dilakukan di Australia, menunjukkan sekitar 25 persen kanker bisa dicegah dengan menjalani diet sehat dan olahraga secara rutin. Beberapa jenis kanker yang bisa dicegah dengan diet sehat dan olahraga adalah kanker usus, kanker perut dan kanker payudara.

8. Radiasi Nuklir

Radiasi Nuklir memang jarang terjadi di era modern seperti sekarang ini. Namun bisa dimasukkan sebagai penyebab kanker secara umum. Seperti dikutip dari detikhealth, dokter ahli kanker Dr dr Andhika Rachman, SpPD, menjelaskan contoh kasusnya yang terjadi beberapa tahun setelah serangan bom Hiroshima pada Perang Dunia II.

Warga sekitar Kota Hiroshima yang selamat dari ledakan bom kala itu dilaporkan banyak yang mengalami kanker kulit. Selain radiasi nuklir, paparan medan listrik yang terlalu besar di luar kapasitas yang mampu diterima sel juga bisa menjadi pemicu kanker.



Simak Video "Waspada Kandungan 2 Bahan Berbahaya di Skincare"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)