Ini 9 Manfaat Makan Kurma untuk Ibu Hamil

Faidah Umu Sofuroh - wolipop Rabu, 29 Jan 2020 11:55 WIB
kurma Manfaat kurma untuk ibu hamil. Foto: shutterstock
Jakarta -

Kurma merupakan buah yang tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Buah asal Jazirah Arab ini sering dijumpai saat bulan puasa dan saat musim haji tiba. Namun, tahukah kamu manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari buah ini?

Belum banyak orang mengetahui bahwa kurma memiliki manfaat bagi kesehatan ibu hamil dan calon bayi. Dilansir dari Life in Saudi Arabia, inilah delapan manfaat kurma untuk ibu hamil.

1. Mengurangi Rasa Sakit Saat Bersalin

Berdasarkan penelitian medis, ibu hamil yang mengonsumsi kurma di minggu-minggu terakhir kehamilan akan memberikan efek positif saat persalinan. Dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa manfaat kurma untuk ibu hamil dapat merilekskan rahim dan mengurangi risiko induksi saat persalinan.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi kurma selama kehamilan bermanfaat memudahkan proses persalinan dan mengurangi risiko perdarahan postpartum. Dalam Alquran, Allah juga telah memerintahkan Maryam memakan kurma untuk menghilangkan rasa sakit saat melahirkan.

2. Sumber Energi

Saat hamil, ibu akan membutuhkan energi ekstra untuk berkegiatan. Saat ibu hamil makan kurma bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan energi selama kehamilan. Kurma mengandung nutrisi penting yang memiliki efek positif pada tubuh.

Per 100 gram kurma mengandung: 277 kilo kalori energi, 1,8 gram protein, 6,7 gram serat, 15 mikrogram folat, 0,9 miligram besi, 2,7 mikrogram vitamin K, 54 miligram magnesium, dan 696 miligram pottasium.

Manfaat makan kurma untuk ibu hamilManfaat makan kurma untuk ibu hamil Foto: iStock


3. Bantu Kurangi Sembelit

Banyak ibu hamil yang menghadapi masalah sembelit selama kehamilan. Manfaat kurma untuk ibu hamil mampu mengatasi masalah tersebut, karena kurma kaya akan serat. Kurma juga membantu mempertahankan sistem pencernaan yang sehat. Selain itu, kurma bisa mengurangi kadar kolesterol dan mempertahankan berat badan yang sehat.

4. Bantu Produksi Asam Amino

Kurma kaya akan protein yang membantu produksi asam amino. Asam amino ini bisa membantu dalam pertumbuhan tubuh calon bayi dalam kandungan.


5. Kurangi Risiko Bayi Lahir Cacat

Bayi yang lahir dan mengalami cacat bawaan biasanya disebabkan karena kekurangan folat. Hal ini yang mendorong WHO merekomendasikan suplemen folat dan makanan kaya folat untuk semua ibu hamil. Kurma merupakan buah yang kaya akan folat. Jadi manfaat kurma untuk ibu hamil adalah untuk memenuhi kebutuhan asam folat.

6. Bantu Perkembangan Tulang Bayi

Kurma kaya akan vitamin K. Vitamin K sangat penting untuk perkembangan tulang bayi dalam kandungan. Namun, sebagian besar bayi terlahir dengan kadar vitamin K rendah. Oleh karena itu, para ibu hamil disarankan memasukkan kurma ke dalam daftar makanan mereka. Sehingga bayi akan mendapat asupan vitamin K yang cukup. Selain itu, mengonsumsi kurma selama menyusui juga terbukti bermanfaat.

Manfaat makan kurma untuk ibu hamilManfaat makan kurma untuk ibu hamil Foto: Xinhua



7. Mengatasi Defisiensi Zat Besi

Manfaat makan kurma untuk ibu hamil berikutnya adalah dapat mengatasi defisiensi zat besi selama kehamilan. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. Zat besi juga berperan penting dalam mengatur hemoglobin di dalam tubuh yang sangat penting untuk memperkuat imunitas ibu dan bayi.



8. Sebagai Sumber Kalium

Kurma kaya akan kalium, yang menjaga keseimbangan air-garam, mengatur tekanan darah dan untuk menghindari kram otot. Kekurangan kalium sangat berbahaya bagi ibu dan anak karena dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, penyakit kardiovaskular dan stroke.

9. Atasi Defisiensi Magnesium

Manfaat kurma bagi ibu hamil dapat mengatasi defisiensi magnesium. Kekurangan magnesium sangat berisiko bagi ibu hamil karena dapat menyebabkan hipertensi kronis, preeklampsia, disfungsi plasenta, dan persalinan prematur.



Simak Video "Ini Lima Manfaat Buah Kurma untuk Tubuhmu"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)