Youtuber Dihujat, Berbagi Tips Sesat Hilangkan Tahi Lalat Pakai Sabun Colek

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 08 Jan 2020 16:49 WIB
Marisha Chacha membuat tutorial cara menghilangkan tahi lalat tanpa operasi. Foto: youtube /Marisha Chacha Marisha Chacha membuat tutorial cara menghilangkan tahi lalat tanpa operasi. Foto: youtube /Marisha Chacha

Jakarta - Tahi lalat adalah bintik kecil berwarna cokelat atau kehitaman di atas permukaan kulit. Tahi lalat bagi beberapa orang dianggap mengganggu dan menurunkan rasa kepercayaan diri. Sehingga tak jarang mereka akan melalukan berbagai cara untuk menghilangkan tahi lalat mulai dari operasi laser dan pengobatan tradisional.

Cara terakhir yaitu pengobatan tradisional menginspirasi seorang Youtuber untuk berbagi tips menghilangkan tahi lalat dengan mudah memakai bahan-bahan yang ada di rumah. Adalah Youtuber bernama Marisha Chacha yang membuat konten dengan judul Menghilangkan Tahi Lalat Tanpa Operasi. Kini sosok Marisha ramai menjadi perbincangan warganet karena dianggap memberikan tips yang menyesatkan.

Dalam konten Youtubenya, Marisha mempraktekan cara untuk menghilangkan tahi lalat memakai kapur sirih dan sabun colek. Dia mengaku membeli kapur sirih di pasar seharga Rp 2 ribu.


"Yang pertama kamu harus siapkan kapur sirih, aku belinya di pasar hanya Rp 2 ribu dan dapatnya lumayan banyak. Kita butuhnya cuman sedikit aja padahal.Yang kedua adalah sabun colek, ini namanya sabun telepon tetapi kalau kalian enggak nemu sabun ini kamu bisa pakai sabun colek lainnya. Dan satu cotton bud," kata Youtuber Marisha Chacha mempersiapkan bahan-bahan cara menghilangkan tahi lalat yang ia unggah pada 3 Agustus 2018.

Marisha mengaku sudah dua kali menggunakan campuran bahan kapur sirih dan sabun colek untuk menghilangkan tahi lalat di tubuhnya. "Dan menurut aku ini aman sih, karena aku sudah dua kali menghilangkan tahi lalat di atas alis sebelah kiri dan punggung," katanya.

Marisha berusaha meyakinkan viewersnya di Youtube bahwa tindakan yang ia lakukan tidak berbahaya. Dia juga memberikan peringatan bahwa tipsnya ini harus dikerjakan dengan hati-hati.

"Aku cuma mau mengingatkan ini harus dikerjakan hati-hati. Karena ini agak sensitif dan kemarin aku sempet megang dan tidak sabaran makanya jadi membekas. Seharusnya bisa jatuh dengan sendirinya. Jangan disentuh, pegang, digaruk, ditarik-tarik," tutupnya.

Youtuber Dihujat, Berbagi Tips Sesat Hilangkan Tahi Lalat Pakai Sabun ColekFoto: twitter @venthestic

Pada awal 2020, konten YouTube Marisha yang diunggahnya di 2018 ini menjadi viral setelah akun Twitter @bdgfess mengunggah pengakuan seorang netizen yang mencoba tips Youtuber tersebut. Netizen yang identitasnya dirahasiakan itu adalah seorang wanita asal Bandung. Mencoba menghilangkan tahi lalat dengan cara yang dilakukan Marisha yaitu memakai campuran kapur sirih dan sabun colek, kulitnya menjadi kemerahan dan timbul bercak darah.

"Euy titipan, Ini aku pakein kapur sirih+sabun ekonomi di mix malah pada gini (rekomen Youtube) itu tuh darah tapi ga keluar terus kulit pada ngelupas, ada yang tau obatnya apa?" tulis akun @bdgfess pada Selasa, (7/1/2020).

Bukan hanya netizen asal Bandung tersebut yang berbagi efek buruk pascamencoba tips dari Marisha. Seorang netizen lainnya di Instagram juga mengalami hal buruk, bahkan kulitnya sampai bernanah setelah mencoba menghilangkan tahi lalat dengan sabun colek dan kapur sirih.

Youtuber Dihujat, Berbagi Tips Sesat Hilangkan Tahi Lalat Pakai Sabun ColekWanita yang meniru tutorial cara menghilangkan tahi lalat yang wajahnya infeksi. Foto: twitter @bdgfess


Netizen pun langsung beramai-ramai menyerbu halaman komentar konten Youtube Marisha. Mereka menghujat hingga memberikan imbauan pada netizen lainnya untuk tak ikut mencoba tips yang dianggap menyesatkan tersebut.

"Plis, ini bahaya banget, jangan dicoba ya guys. Udah ada korban soalnya," kata Mia D. Wahyu.

"TOLONG dong mba,konten kaya gini tu sangat tidak baik untuk penontonnya,bahan2 yang dipakai juga sangat tidak dianjurkan untuk ditaro di muka,untuk teman2 yg nntn juga tolong di filter dulu omongan mba2 ini, nggak semuanya itu benar, ini itu sangat bahaya dan sangat untung untuk mba nya, kita yg rugi," kata Dwi Putri Anggraini.

"Ke tangan aja bisa iritasi, ini diaplikasiin ke muka. Ya Allah, ternyata banyak ya yang ngikutin saran-saran gak masuk akal dari so called influencer sampah. Hii......," kata akun @irraOCTAVIA.

"Kapur sirih itu bersifat tajam dan merusak jaringan kulit mbaakkk berpotensi menimbulkan tumor juga kalo keseringan terkena kulit, itu belum lagi ditambahin pake sabun colek yg udah tentu bahan kimia nya banyak. Sedih bgt asli gue kesini gara2 liat instastory nya tasya farasya. Semoga lekas sembuh buat para korban 🖤," kata Millen Web.



Simak Video "Cantik! Saat Tisu Toilet Disulap Jadi Gaun Pengantin"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)