Ngeri! Wanita Ini Tidak Sengaja Telan Tabung Pipa untuk Diet

Vina Oktiani - wolipop Rabu, 18 Des 2019 06:30 WIB
Ilustrasi wanita muntah. Foto: iStock
Guangzhou - Memiliki tubuh langsing menjadi idaman banyak wanita. Tak jarang, banyak yang rela melakukan segala cara untuk memperoleh tubuh ideal.

Salah satu tren aneh dan berbahaya yang sempat marak di China adalah menggunakan pipa tabung plastik untuk merangsang keinginan muntah. Sehingga setelah makan banyak pun badan diharapkan akan tetap terlihat langsing.

Hal inilah yang juga dilakukan oleh seorang wanita asal Guangzhou, China, yang bernama Xiao Lu. Sialnya, pipa tabung plastik yang digunakan oleh wanita 22 tahun itu tidak sengaja tertelan. Ini merupakan kasus pertama tabung pipa plastik untuk muntah tertelan oleh pemakainya.

Merasa panik, Xiao Lu lalu memeriksakan dirinya ke rumah sakit pada 3 Desember 2019. Awalnya ia berbohong kepada dokter dengan mengatakan bahwa dia tidak sengaja menelan sedotan plastik. Namun karena benda itu masuk terlalu dalam ke tenggorokan, maka dokter menyarankan untuk melakukan rontgen hingga sinar X-ray.


Seperti dikutip dari Oddity Central, hasil tes tersebut menunjukkan bahwa terdapat benda anehberdiameter 1,9 cm dan panjang 30 cm di dalam tenggorokan Xiao Lu, dimana benda tersebut terlihat terlalu tebal dan panjang untuk disebut sebagai sedotan plastik. Dokter pun kemudian menekannya untuk meminta penjelasan sebenarnya dari Xiao Lu.

Merasa sudah ketahuan, akhirnya Xiao Lu mengatakan bahwa dirinya membeli pipa tabung plastik untuk menurunkan berat badan. Dia menggunakan pipa tabung plastik tersebut setelah makan untuk merangsang rasa ingin muntah, sehingga apapun yang dimakannya tidak akan terserap oleh tubuh dan mencegah berat badannya bertambah. Awalnya, hal itu berjalan dengan lancar sampai suatu hari Xiao Lu tidak sengaja menelannya.


Hasil X-ray menunjukkan bahwa ujung bawah tabung telah mencapai bagian perut Xiao Lu, sementara ujung lainnya berada di dekat laring. Untuk mengambil pipa tabung plastik tersebut, dokter melakukan prosedur laparoskopi. Setelahnya, dokter melakukan gastroskopi yang hasilnya menunjukkan bahwa terdapat luka pada bagian dinding perut dan tenggorokan Xiao Lu.

Zhang Hanyu, wakil kepala dokter di departemen darurat Rumah Sakit Persahabatan Beijing mengatakan bahwa pipa tabung plastik untuk muntah sangatlah berisiko. Cara diet dengan menggunakan benda tersebut dapat menyebabkan masalah gastroesophageal dan faring, kerusakan mukosa, hingga masalah syaraf.

Simak Video "Pakai Baju Tenun, Vidi Aldiano Dukung Karya Fashion Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/hst)