3 Gangguan Kesehatan yang Bisa Timbul karena Kebiasaan Tidur Tengkurap

Hestianingsih - wolipop Jumat, 13 Des 2019 21:00 WIB
Ilustrasi wanita tidur tengkurap. Foto: Thinkstock Ilustrasi wanita tidur tengkurap. Foto: Thinkstock

Jakarta - Beberapa orang merasa bisa cepat nyenyak ketika tidur dalam posisi tengkurap. Padahal posisi tidur tengkurap bisa membawa berbagai masalah kesehatan mulai dari sakit leher hingga penuaan kulit.

Jika kamu terbiasa tidur tengkurap, sebaiknya segera kurangi, atau stop sama sekali karena efek negatif yang ditimbulkan. Ini tiga alasan kamu tidak boleh tidur tengkurap, seperti dikutip dari Brightside.

1. Sakit Leher Kronis

Saat tidur tengkurap, kamu akan kesulitan bernapas jika tidak menengokkan leher ke samping. Posisi tidur dengan leher ke samping bisa menyebabkan gangguan leher kronis, karena kepala dan tulang belakang 'dipaksa' menengok semalaman.

Kebiasaan tidur tengkurap seperti ini juga bisa mengakibatkan herniated disk, atau bantalan ruas tulang belakang (disk) bergeser, sehingga menekan saraf tulang belakang. Umumnya kondisi ini juga dikenal dengan 'saraf kejepit'. Jika dibiarkan terus-menerus bukan tidak mungkin akan menyebabkan kelumpuhan.

Tidur terlentang adalah posisi alami yang paling baik bagi tubuh kala tidur. Para dokter bahkan merekomendasikan tidur terlentang bagi mereka yang mengalami sakit tulang belakang atau rematik. Tidurlah dengan bantal yang tidak terlalu tinggi sebagai penyangga kepala, atau tempatkan bantal di kedua sisi samping tubuh untuk menopang kedua tangan sehingga beban pada leher bisa lebih ringan.

3 Gangguan Kesehatan yang Bisa Timbul karena Kebiasaan Tidur TengkurapFoto: shutterstock

2. Menyebabkan Keriput

Tidur tengkurap adalah 'cara terbaik' jika kamu ingin wajah keriput lebih cepat. Berdasarkan studi Laboratory for Oxidative Stress Research yang dilakukan ilmuwan dari Fakultas Ilmu Kesehatan di Universitas Ljubljana, Slovenia, kerutan yang terbentuk saat tidur dengan salah satu sisi wajah tertekan ke tempat tidur dapat membuatnya muncul secara permanen.

Tidur terlentang adalah solusi paling baik jika kamu ingin mencegah timbulnya kerutan. Posisi ini tidak membuat wajah tertekan oleh bantal. Pori-pori kulit juga lebih mudah bernapas.
3 Gangguan Kesehatan yang Bisa Timbul karena Kebiasaan Tidur TengkurapFoto: iStock

3. Menekan Payudara

Bagi wanita, tidur tengkurap bisa menimbulkan masalah pada payudara. Saat tidur tengkurap, berarti ada tekanan pada payudara yang sebenarnya tidak diperlukan tubuh, dan membuatnya terasa sakit setiap waktu.

"Payudara kamu adalah dua organ berbeda yang masing-masing menimbulkan reaksi berbeda pada hormon dan membentuk jaringan serta lemak sendiri," jelas spesialis bedah plastik Dr Todd Malan.

Tidur tengkurap tidak hanya membuat payudara sakit tapi juga lebih cepat kendur dan terbentuk kerutan. Cara terbaik untuk mempertahankan kekencangan payudara adalah dengan tidur terlentang dan menaruh bantal di bawah lutut untuk mencegah keinginan untuk tidur tengkurap atau menyamping.



Simak Video "Kerennya Lampu Cantik Paduan Akrilik dan Limbah Kayu"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)