5 Kerutan di Wajah yang Bisa Ungkap Kondisi Kesehatan Tubuh Kamu

Hestianingsih - wolipop Rabu, 27 Nov 2019 07:30 WIB
Ilustrasi wanita berkeriput. Foto: iStock Ilustrasi wanita berkeriput. Foto: iStock

Jakarta - Kerutan merupakan salah satu tanda penuaan seiring bertambahnya usia. Tapi berdasarkan penelitian, kerutan di area wajah juga bisa mengindikasikan ada gangguan kesehatan pada tubuh, terlebih lagi jika kerutan itu muncul di usia yang belum terlalu tua.

Di bagian mana kerutan yang paling jelas terlihat pada wajahmu? Jawabannya akan mengungkap kondisi kesehatan yang perlu diwaspadai.

1. Kerutan Berupa Garis Horizonal di Dahi

Foto: iStock

Kerutan di dahi bisa mengindikasikan kamu orang yang terlalu banyak khawatir dan stres. Tapi bisa juga menandakan kalau kemungkinan kamu terlalu banyak mengonsumsi gula dan kurang minum air putih. Kalau kamu mendapati semakin banyak garis horizontal terbentuk di dahi, maka sudah saatnya menjaga asupan makanan dengan mengurangi gula dan melakukan aktivitas yang bisa membuat relaks.


2. Pangkal Tulang Hidung
Foto: iStock

Memiliki kerutan di pangkal tulang hidung, atau bagian di tengah mata kiri dan kanan, mengindikasikan kalau kamu ada alergi tapi bisa juga karena terlalu khawatir dan banyak berpikir.

Kerutan di area ini juga menandakan rendahnya libido. Mungkin saat ini kamu dan pasangan memiliki dorongan seksual cenderung rendah sehingga jarang bercinta. Maka untuk mengatasinya bisa mulai menginisiasi sang suami untuk lebih sering bercinta.

3. Ujung Luar Mata
Foto: iStock

Beberapa orang punya cekungan mata yang dalam sehingga ketika tertawa akan terbentuk kerutan di ujung luar mata atau biasa disebut crow's feet. Tapi jika bentuk mata kamu tak cekung dan tetap terbentuk kerutan yang jelas di area tersebut, bisa berarti ada masalah pada organ dalam.

Seperti dikutip dari Brightside, kerutan di ujung luar mata terhubung dengan organ dalam seperti liver, ginjal dan perut. Jika kamu mendapati kerutan tiba-tiba semakin jelas dan dalam, pertimbangkan untuk menambahkan diet yang berfungsi meningkatkan fungsi liver dan ginjal seperti air perasan lemon, beetroot dan memperbanyak minum air putih.

4. Bawah Mata
Foto: iStock

Kerutan bawah mata dan kantong mata biasanya terbentuk ketika seseorang kurang tidur. Tapi apabila masih saja muncul kerutna dan kantong bawah mata meskipun sudah cukup tidur, bisa jadi ada masalah pada ginjal dan sirkulasi darah yang kurang lancar. Mungkin kamu kurang olahraga dan minum air putih. Cobalah ikuti kelas yoga atau latihan ringan untuk meningkatkan sirkulasi darah.


5. Smile Lines
Foto: iStock

Ketika tersenyum, area di antara ujung mulut dan cuping hidung biasanya akan berkerut dan membentuk garis, biasa juga disebut smile lines. Jika smile lines muncul tiba-tiba, padahal kamu sedang tidak tertawa atau tersenyum, kemungkinan ada masalah pada usus besar.

Jika timbulnya smile lines diikuti dengan perut yang sering sembelit atau susah buang air besar, bisa mengindikasikan kamu kurang konsumsi serat dan minum air putih. Makanlah buah dan sayur yang bisa memperlancar BAB, tambah asupan makanan kaya vitamin D dan olahrgaa secara rutin untuk menjaga kesehatan usus besar.

Simak Video "Pengin Terlihat Muda? Berikut Cegah Kerutan di Wajah"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)