Riset: Berendam Air Hangat Bisa Pangkas Kalori Setara Jalan Kaki 30 Menit

Vina Oktiani - wolipop Senin, 18 Nov 2019 05:30 WIB
Ilustrasi manfaat berendam air hangat. Foto: iStock Ilustrasi manfaat berendam air hangat. Foto: iStock

Jakarta - Apakah kamu suka berendam di air hangat? Berendam memiliki cukup banyak manfaat, mulai dari merawat kecantikan kulit hingga membuat pikiran menjadi lebih santai dan tenang. Sehingga tak heran banyak klinik kecantikan yang memasukkan kegiatan berendam sebagai salah satu dari rangkaian perawatan kecantikan yang ditawarkan.

Rupanya manfaat berendam air hangat ini bukan hanya untuk kecantikan kulit saja. Menurut penelitian, berendam air hangat juga dapat membakar kalori setara dengan 30 menit berjalan kaki. Mengapa demikian?

Ini karena tubuh kita memproduksi "Protein Heat Shock" saat suhu tubuh meningkat. Hal tersebut umumnya terjadi saat kita berolahraga. Tetapi berdasarkan penelitian dari Inggris yang dipublikasikan pada 2017, berendam air hangat juga dapat memicu produksi "Protein Heat Shock" tubuh. Protein Heat Shock muncul sebagai respon tubuh dari stres. Protein ini berfungsi untuk mengatur kadar gula darah dan dapat membantu menjaga berat badan yang sehat.



Berdasarakan penelitian yang dilakukan oleh ahli fisiologi olahraga di Loughborough University, Inggris, berendam air hangat dapat menurunkan kalori dan sangat bermanfaat bagi orang yang menderita diabetes tipe 2. Riset tersebut juga mengungkapkan bahwa pria yang berendam di air selama satu jam bisa membakar sekitar 140 kalori dalam tubuhnya.

Riset: Berendam Air Hangat Bisa Pangkas Kalori Setara Jalan Kaki 30 MenitFoto: iStock


Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa yang terpenting adalah waktu dan suhu saat berendam. Jika menginginkan hasil maksimal, idealnya berendam di air hangat yang memiliki suhu stabil, yaitu 40 derajat celcius. Perlu kamu tahu bahwa berendam sangat berbeda dengan mandi. Kamu tidak akan mendapatkan hasil yang sama dengan mandi air hangat.

Sayangnya penelitian ini hanya dilakukan pada pria, jadi ada kemungkinan efeknya tidak akan sama pada wanita. Hasil yang didapatkan dari berendam air hangat juga sangat tergantung pada berat dan tipe tubuh dari masing-masing orang.

Walaupun demikian, tetap saja berendam air hangat tidak bisa menggantikan dan tidak seefektif olahraga. Menjaga agar tubuh tetap aktif sangat diperlukan karena dapat mencegah banyak penyakit serius seperti stroke, tekanan darah tinggi, dan gangguan psikologis. Jadi jika menginginkan hasil maksimal maka kamu bisa melakukan olahraga dan berendam air panas dengan diikuti diet seimbang. Tertarik mencobanya?



Simak Video "Mantap! Limbah Paralon Disulap Jadi Miniatur Kereta"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)