Wanita Batuk Sampai Tulang Retak, Dokter Klaim Akibat Sunscreen Berlebihan

Hestianingsih - wolipop Rabu, 13 Nov 2019 13:55 WIB
Ilustrasi wanita batuk. Foto: Thinkstock Ilustrasi wanita batuk. Foto: Thinkstock

Zhejiang - Seorang wanita mengalami retak pada salah satu tulang rusuknya setelah batuk-batuk parah selama beberapa hari. Saat memeriksakan diri ke rumah sakit, wanita asal Zhejiang, China, ini diketahui kekurangan vitamin D akibat terlalu banyak memakai sunscreen. Kok bisa?

Cerita bermula saat wanita yang tidak mau disebut namanya ini tak berhenti bersin, batuk dan sesak napas karena asthma yang dideritanya. Wanita 20 tahun ini batuk parah selama tiga hari berturut-turut hingga dia merasakan nyeri yang menusuk di dada sebelah kiri.

Dokter yang memeriksanya menemukan ada retakan pada salah satu tulang rusuk. Tim medis meyakini kalau wanita tersebut mengalami osteoporosis atau tulang rapuh.


Dari hasil pemeriksaan, kepadatan tulangnya jauh lebih rendah dari ukuran rata-rata wanita di seusianya. Wanita tersebut juga diketahui kekurangan vitamin D serta kalsium.
Wanita Batuk Sampai Tulang Retak, Dokter Klaim Akibat Pakai Sunscreen BerlebihanFoto: iStock

Heran dengan kondisi wanita yang sudah osteoporosis di usia sangat muda, dokter pun melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Pernyataan dokter cukup mengejutkan. Dia mengklaim kalau wanita tersebut kekurangan vitamin D --yang menyebabkan osteoporosis-- akibat pemakaian sunscreen atau tabir surya berlebihan.

Seperti dikutip dari World of Buzz, wanita tersebut sangat takut kulitnya menjadi gelap sehingga dia menghindari terkena sinar matahari dan memakai suncreen tebal-tebal sepanjang tahun. Dokter kemudian menyimpulkan kalau pemakaian sunscreen berlebihan itu membuat tubuhnya kekurangan vitamin D.

Meskipun datang dari seorang dokter, kesimpulan ini masih belum bisa dipastikan secara mutlak kebenarannya. Sejumlah studi memang menunjukkan kalau penggunaan sunscreen mungkin bisa jadi salah satu faktor penyebab kekurangan vitamin D. Bahkan menurut penelitian dari College of Osteopathic Medicine di University California, sunscreen dengan SPF 15 atau lebih tinggi bisa mengurangi produksi vitamin D dalam tubuh hingga 99 persen.


Wanita Batuk Sampai Tulang Retak, Dokter Klaim Akibat Pakai Sunscreen BerlebihanFoto: thinkstock

Namun banyak pula hasil penelitian yang menyanggah kesimpulan tersebut. Menurut pakar dermatologi Dr. Henry W. Lim dari Henry Ford Health System, lapisan tebal sunscreen di atas kulit memang berpotensi menghalangi sinar matahari dan berakibat kurangnya vitamin D. Tapi dengan satu catatan, apabila sunscreen digunakan dalam jumlah sangat banyak.

Menurut Henry diperlukan sedikitnya 1 ons sunscreen untuk bisa benar-benar mem-block paparan sinar matahari ke kulit. Sebagai perbandingan, 1 ons sunscreen setara dengan ukuran satu bola golf untuk seluruh tubuh.

"Tapi kan dalam dunia nyata kebanyakan orang menggunakan sunscreen jauh lebih sedikit dari ukuran itu," kata Henry, seperti dikutip dari CNN.
Wanita Batuk Sampai Tulang Retak, Dokter Klaim Akibat Pakai Sunscreen BerlebihanFoto: dok. iStock

Selain itu juga perlu diketahui bahwa sinar matahari tetap bisa terpapar pada kulit meskipun seseorang sudah menggunakan sunscreen. Untuk menghindari total paparan UV dari kulit, kamu harus mengenakan pakaian tertutup, topi dan selalu berada di dalam ruangan.

"Jadi sesungguhnya tidak perlu khawatir dengan kurangnya vitamin D (karena pakai sunscreen), tapi bagi mereka yang sangat ketat melindungi kulitnya, risiko itu bisa lebih tinggi," jelasnya.


Sementara itu dari kasus ini perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut juga. Apakah wanita tersebut kekurangan vitamin D benar-benar hanya karena memakai sunscreen terlalu banyak setiap hari?

Sebab masih banyak faktor yang membuat seseorang kurang vitamin D dan akhirnya tulang jadi rapuh. Salah satunya kurang mengonsumsi makanan kaya vitamin D seperti kuning telur, salmon, tuna, susu, dan udang. Selain itu perlu juga berjemur selama setidaknya 5-15 menit di bawah sinar matahari pagi, dua hingga tiga kali seminggu.

Simak Video "Toni-Ann Singh, Pemenang Miss World 2019 dari Jamaica"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)