Selebgram Dihujat, Disebut Konyol karena Sebut Sampo Jadi Penyebab Kegemukan

Hestianingsih - wolipop Kamis, 31 Okt 2019 11:40 WIB
Influencer Eleni Chechopoulos. Foto: Instagram Influencer Eleni Chechopoulos. Foto: Instagram

Jakarta - Makan berlebihan dan kurang bergerak menjadi beberapa penyebab berat badan naik. Tapi menurut influencer satu ini, produk perawatan rambut juga bisa membuat badan gemuk.

Eleni Chechopoulos yang seorang influencer di bidang kesehatan dan gaya hidup belum lama ini membuat postingan tentang penggunaan produk-produk perawatan tubuh yang bisa memicu kegemukan. Influencer dengan 11 ribuan follower ini mengklaim kalau sampo mungkin saja jadi penyebab berat badan tak kunjung turun.

"Apakah sampo bisa membuat berat badanmu naik? Pertama kalori, lalu hormon, dan lalu kesehatan pencernaan... sekarang sampo?!" tulis Eleni pada caption foto yang memperlihatkan dia sedang memegang sebotol besar sampo.

Pendiri Gut Rehab Blueprint ini melanjutkan, "Kamu menghitung jumlah kalori yang melewati bibirmu, tapi berat badan tak juga berubah... Menjaga berat badan ideal bukan sekadar menghitung kalori yang masuk dan keluar."


Wanita yang menulis profesinya di Instagram sebagai pakar nutrisi kesehatan pencernaan dan hormon ini menjelaskan kalau bahan-bahan kimia yang ada pada produk perawatan bisa memengaruhi fungsi kerja tubuh. Beberapa produk yang dia contohkan adalah sampo, pasta gigi, makeup hingga parfum.

"Bahan kimia yang bisa mengganggu cara tubuh memproduksi dan menyimpan lemak - ditemukan dalam sampo, pasta gigi, bon pembelian, tirai kamar mandi, makeup, parfum, dan masih banyak lagi," jelasnya.

"Meskipun kamu makan sehat dan olahraga setiap hari, kamu mungkin masih harus berjuang menurunkan berat badan karena sampo yang kamu pakai," lanjutnya.

Eleni bahkan menyertakan hasil penelitian terhadap tikus untuk mendukung pernyataannya itu. Dia menulis kalau tikus yang terpapar bahan kimia seperti terkandung dalam sampo terus mengalami kenaikan berat badan ketimbang tikus dalam kondisi normal.


Postingan Eleni mendapat kritikan keras dari pakar kesehatan yang menyebutnya sangat konyol. Ahli fitnes dan kesehatan Belinda MacDougall mengatakan kalau informasi yang diberikan Eleni belum terbukti kebenarannya.

"Mengatakan kalau sampo adalah alasan kenapa berat badanmu naik itu hal yang konyol. Bahan kimia di semua produk kecantikan mungkin memang bisa berbahaya untuk kesehatan, tapi kenaikan berat badan sangat lebih dipengaruhi oleh apa yang kita makan," jelasnya, seperti dikutip dari Mirror.

Eleni juga dikecam netizen di media sosial. Salah satu pengguna akun Twitter menyebut kalau dia seorang fatphobic atau benci dengan orang-orang gemuk.


"Ini fatphobic tingkat tinggi. Mendorong para wanita untuk berpikir dan mengkhawatirkan jumlah kalori di dalam sampo mereka dan efeknya terhadap kenaikan berat badan. Yang benar saja," tulisnya.

"Apa-apaan ini???" komentar netizen lain.

Menanggapi kritikan yang ditujukan kepadanya, Eleni memang sudah mengira kalau postingan-nya akan menimbulkan kontroversi dan komentar kebencian. Dia juga menyinggung tentang netizen yang memintanya memberikan bukti ilmiah untuk mendukung pernyataannya tersebut.

"Aku bukannya tidak setuju dengan penelitian, tapi bukan tugasku memberikan semua informasi begitu saja. Sepertinya banyak yang tidak menginginkan hal ini diteliti tapi mereka hanya ingin mem-bully," tuturnya.

Setelah memberikan tanggapan, Eleni menutup akun Instagram-nya dari publik.

Simak Video "Ternyata Gemuk Bisa Menular Lho!"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)