Lama Waktu Mandi, Tentukan Seberapa Kesepiannya Kamu

Vina Oktiani - wolipop Rabu, 11 Sep 2019 05:32 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Mandi adalah kegiatan yang sebagian besar orang lakukan setiap hari untuk membersihkan diri. Saat mandi ini, ada beberapa orang yang membutuhkan waktu yang cukup lama. Apakah kamu termasuk? Mungkin kamu akan beranggapan kalau mandi dengan waktu yang lama akan membuat tubuh menjadi lebih bersih dan rileks. Faktanya menurut sebuah penelitian, menghabiskan waktu yang cukup lama untuk mandi menandakan bahwa kamu justru sedang merasa kesepian.

Riset ini dilakukan oleh peneliti dari Yale University yang melibatkan 51 mahasiwa berusia 18 hingga 45 tahun sebagai responden. Dalam penelitian, para responden diberikan pertanyaan seputar kebiasaan sehari-hari dan seberapa besar perasaan kesepian yang mereka rasakan. Pertanyaan itu termasuk juga mengenai rutinitas mandi mereka seperti, seberapa sering, suhu yang digunakan, dan durasi dari masing-masing kegiatan mandinya.

Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa para responden yang mengaku merasa kesepian mandi dengan waktu 23% lebih lama dibandingkan dengan mereka yang tidak. Selain itu orang-orang yang merasa kesepian cenderung menghabiskan waktu yang lebih lama dengan mandi menggunakan air hangat. Hal ini terjadi karena air hangat dapat menjadi teman sejati untuk menghilangkan rasa terisolasi.


Tidak cukup dengan satu tes, peneliti kembali melakukan riset untuk mengetahui apakah ada perbedaan jika melibatkan responden dengan usia yang berbeda. Penelitian kedua ini melibatkan 41 responden dengan usia 19-65 tahun. Peneliti sengaja menambah rentang usia untuk melihat bagaimana hipotesa mereka pada kelompok usia yang lebih tua. Dan responden penelitian kedua diberikan tes yang sama seperti penelitian pertama.

Uniknya dalam penelitian kedua tidak ditemukan korelasi antara lamanya waktu mandi dengan perasaan kesepian yang dialami. Menurut peneliti hal ini karena orangtua cenderung memiliki kebiasaan yang lebih teratur dibandingkan mereka yang berusia lebih muda, sehingga rasa kesepiannya sudah dapat terpenuhi hanya dengan kehangatan air dan durasi saat mandi.


Kesepian memang bisa dimaknai berbeda-beda oleh setiap orang. Kesepian tidak selalu berarti karena tidak memiliki teman. Ada juga orang di luar sana yang memiliki banyak teman namun masih merasa kesepian. Oleh sebab itu kamu harus berusaha memahami penyebab dari rasa kesepian yang dialami.

Simak Video "Cara Cut Keke Jaga Penampilan di Usia 40-an"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)