7 Kebiasaan Buruk saat Bangun Pagi yang Bisa Merusak Mood Seharian

Vina Oktiani - wolipop Selasa, 20 Agu 2019 06:05 WIB
Ilustrasi wanita mengantuk di mobil. Foto: GEM Motoring Assist Ilustrasi wanita mengantuk di mobil. Foto: GEM Motoring Assist

Jakarta - Setiap orang pasti menginginkan hari yang lebih baik dan lancar dibandingkan hari sebelumnya. Namun bisa berakhir jadi hari buruk jika aktivitasmu diawali dengan kebiasaan-kebiasaan jelek.

Seperti dikutip dari Bustle, berikut ini tujuh kebiasaan buruk yang perlu dihindari agar harimu menjadi lebih baik.

1. Memencet Tombol Tunda saat Alarm Berbunyi

Foto: Istimewa

Kebiasaan banyak orang di pagi hari adalah memencet tombol 'snooze' atau 'tunda' ketika alarm berbunyi. Menunda bangun pagi tidak akan membuat waktu tidurmu jadi lebih lama tapi justru mengganggu siklus tidur.

"Ketika kamu menekan tombol snooze, siklus tidur akan terganggu dan kamu justru menjadi lebih ngantuk dibandingkan dengan saat kamu langsung bangun (saat alarm berbunyi)," kata neuropsikolog Dr. Sanam Hafeez.

Jika siklus tidur sudah berantakan, maka akan sulit bagi tubuh untuk menentukan kapan harus bangun dan kapan harus tidur, sehingga akan terasa makin sulit untuk beranjak dari tempat tidur. Alhasil tubuh akan terasa lelah seharian.

2. Melewatkan Sarapan
Foto: iStock

Banyak orang yang kerap kali melewatkan makan pagi atau bahkan menganggap bahwa sarapan tidak terlalu penting. Faktanya, banyak penelitian yang mengatakan bahwa sarapan dapat membantu konsentrasi, fokus, meningkatkan energi serta membuatmu tetap kenyang sehingga mencegah untuk makan berlebihan di waktu selanjutnya.

Sarapan juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Berdasarkan penelitian, orang yang tidak sarapan akan merasa lebih lapar pada siang hari dan makan lebih banyak di malam hari. Menurut Hafeez, tidak perlu harus memakan sarapan berat seperti telur, roti dan buah, tetapi yang terpenting adalah memulai hari dengan sesuatu yang menyehatkan. Jika terburu-buru maka dapat mengonsumsi yang mudah, seperti yoghurt, energy bar atau kacang-kacangan.

3. Bersiap-Siap dengan Kondisi Kamar yang Gelap
Foto: thinkstock

Agar dapat memulai hari dengan mood yang baik, Hafeez menyarankan untuk bangun dan bersiap-siap dengan keadaan jendela yang terbuka, sehingga sinar matahari dapat masuk. Jendela dapat ditutup kembali saat malam hari.

Penelitian menemukan bahwa cahaya dapat mempengaruhi siklus bangun dan tidur. Sedangkan berdasarkan penelitian dari jurnal PLOS One menemukan bahwa cahaya di pagi hari dapat menurunkan berat badan. Jadi, lebih banyak cahaya akan lebih baik.

4. Mengandalkan Kopi
Foto: iStock

Bukan berarti kopi 100 persen berpengaruh buruk pada tubuhmu, karena sesungguhnya minuman berkafein juga memiliki pengaruh baik pada tubuh. Misalnya saja memperkuat ingatan, menambah tenaga, membantu melawan diabetes, dan masih banyak lagi.

Tetapi jika minum kopi membuatmu seperti kecanduan dan selalu mengandalkannya setiap pagi, maka justru dapat merusak tingkat energi secara keseluruhan. Meminum secangkir kopi di pagi hari bukanlah masalah namun jika kamu benar-benar lelah dan butuh tidur maka beristirahatlah, berolahraga dan sarapan sehat. Bukan mengambil alternatif dengan meminum kopi.

5. Membuat Keputusan di Menit Terakhir
Foto: Getty Images

Untuk mencegah hari buruk yang mungkin menimpamu, maka persiapkanlah semuanya pada malam sebelumnya, sehingga kamu akan lebih leluasa, memiliki waktu yang lebih banyak dan tidak terburu-buru.

Persiapan yang dapat dilakukan seperti memilih baju yang akan dipakai esok hari, menyiapkan bekal untuk makan siang, dan menyiapkan kunci-kunci yang mungkin akan dibawa. Membuat keputusan secara terburu-buru membuat kita tidak dapat berpikir dengan lebih leluasa. Itulah mengapa orang-orang yang paling sukses di dunia menggunakan seragam yang sama setiap harinya.

6. Selalu Mengecek Ponsel
Foto: GettyImages

Pada masa ini ponsel atau smartphone merupakan alat komunikasi yang paling penting dan hampir tidak bisa lepas dari genggaman. Hal ini menjadikan ponsel sebagai hal pertama yang dilihat saat bangun tidur.

Menurut ahli psikologi, kebiasaan ini sangat tidak disarankan karena dapat membuat seseorang justru menjadi tidak bahagia dan memiliki produktivitas yang rendah sepanjang hari. Sebaliknya, luangkan waktu untuk diri sendiri terlebih dahulu sebelum mengecek telepon genggammu. Bisa dengan membaca buku, atau pergi berjalan-jalan dan meditasi.

7. Mengantisipasi Hal Buruk yang Bisa Terjadi
Foto: Thinkstock

Berhentilah untuk berpikir buruk dan pesimis pada hari-hari yang baru akan kamu jalani karena bagaimanapun jika kamu sudah memikirkan hal-hal negatif, akan membuatmu stres dan dapat membuat harimu lebih buruk.

"Tentukan pagimu dengan kegiatan yang menyenangkan dan bacaan inspirasional untuk awal yang positif," kata Joel B. Ingersoll, Ph.D., CMC.

Tidak ada orang yang sempurna, tetapi jika kamu bisa menghindari kebiasaan ini maka aktivitas harimu akan bisa lebih termotivasi.

Simak Video "Saat Api Menari Mengikuti Alunan Musik"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/hst)