5 Keuntungan Diet 22 Hari Berbasis Nabati Seperti yang Dilakukan Beyonce

Hestianingsih - wolipop Jumat, 26 Jul 2019 16:43 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images

Jakarta - Beyonce sukses menurunkan berat badan hingga 19 kg dengan menjalani diet 22 Hari atau 22 Days Nutrition Plan. Menurut penciptanya, Marco Borges, diet ini berbasis tanaman atau nabati, karena menghindari konsumsi produk hewani maupun hasil olahan pabrik.

Marco, yang juga menjadi pelatih fitnes pribadi Beyonce, mengklaim bahwa diet yang memperbanyak konsumsi sayur dan buah tidak hanya membantu penurunan berat badan tapi juga menyehatkan kulit.

Pada dasarnya pola makan kaya sayuran dan buah-buahan memang baik bagi tubuh secara umum. Hanya saja Marco memberi nama dietnya dengan Diet 22 Hari, dengan keyakinan bahwa sebuah kebiasaan sehat bisa diubah secara permanen, jika rutin dijalankan selama 21 hari. Sehingga pada hari ke-22 tubuh sudah terbiasa menjalaninya setiap hari.

Apa saja sih keuntungan dengan mengonsumsi makanan berbasis tumbuh-tumbuhan atau nabati? Ini penjelasannya yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Mencegah Hipertensi
Kebanyakan orang yang menjalani diet berbasis nabati akan memiliki tekanan darah lebih normal karena tingginya konsumsi potasium yang didapat dari pisang, ubi, tomat atau kacang panjang. Potasium merupakan mineral yang dapat meringankan stres dan kecemasan, sehingga berdampak positif dalam menjaga kestabilan tekanan darah.

2. Menurunkan Kolesterol
Sebagian besar makanan dari sayur dan buah rendah kolesterol. Bahan makanan seperti gandum utuh, kacang-kacangan, biji-bijian, termasuk sayur dan buah umumnya bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi.

3. Gula Darah Lebih Stabil
Salah satu cara paling ampuh mencegah diabetes adalah makan lebih banyak serat yang bisa didapat dari konsumsi sayur serta buah. Serat akan memperlambat penyerapan gula ke pembuluh darah, sehingga tubuh juga tidak akan merasa lapar setiap waktu. Selain itu, gula darah yang stabil akan menurunkan level kortisol, hormon pemicu stres.
5 Keuntungan Diet 22 Hari Berbasis Nabati Seperti yang Dilakukan BeyonceFoto: thinkstock
4. Menurunkan Berat Badan
Ketika seseorang kelebihan berat badan dan menjalani diet berbasis nabati, secara alamiah bobotnya akan turun dan menyesuaikan sendiri sehingga jadi ideal. Dengan catatan, jika makanan yang dikonsumsi bukan olahan pabrik, dan berasal dari bahan mentah yang dimasak sendiri.

Kathy Freston, seorang pakar diet vegan mengatakan, umumnya orang yang mulai diet berbasis tanaman atau nabati akan mengalami penurunan berat badan 2,2 kg dalam dua minggu tanpa merasa kelaparan.

5. BAB Lancar
Pola makan tinggi serat akan memperlancar BAB dan mencegah sembelit. Dengan begitu usus besar dan sistem pencernaan secara keseluruhan menjadi lebih sehat.
5 Keuntungan Diet 22 Hari Berbasis Nabati Seperti yang Dilakukan BeyonceFoto: Getty Images
Perlu diingat bahwa diet berbasis tanaman akan mendatangkan manfaat maksimal bagi kesehatan apabila menggunakan bahan-bahan makanan utuh atau wholesome food. Artinya, makanan bukan merupakan olahan pabrik yang biasanya tinggi garam dan gula.

Selain itu cara pengolahannya pun perlu diperhatikan. Sayuran dan buah akan kehilangan banyak kandungan nutrisinya apabila dimasak dengan panas terlalu tinggi dan terlalu lama. Sebaiknya olah sayuran, biji-bijian atau umbi-umbian dengan cara direbus, kukus, panggang, tumis pakai sedikit minyak atau dimakan mentah jika memungkinkan.

Simak Video "Cerita Gracia Indri Turunkan Berat Badan hingga 23 Kg"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)