Mengenal Strong By Zumba, Olahraga yang Lagi Disukai Artis Indonesia

Daniel Ngantung - wolipop Senin, 22 Jul 2019 17:05 WIB
Artis Julie Estelle dan instruktur Strong by Zumba Laila Achmad. (Foto: Mohammad Abduh/Wolipop) Artis Julie Estelle dan instruktur Strong by Zumba Laila Achmad. (Foto: Mohammad Abduh/Wolipop)

Jakarta - Sudah pernah mendengar Strong by Zumba? Olahraga turunan dari Zumba ini ternyata diminati banyak artis Indonesia. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang sudah tersertifikasi sebagai pelatih Strong by Zumba.

Meski merupakan bagian dari Zumba, Strong by Zumba memiliki perbedaan yang mencolok. "Bedanya 180 derajat dari Zumba karena tidak ada gerakan menarinya," ungkap Laila Achmad, instruktur Strong by Zumba, Senin (22/7/2019).


Mengenal Strong By Zumba, Olahraga yang Lagi Disukai Artis Indonesia(Foto: Mohammad Abduh/Wolipop)

Strong by Zumba diperkenalkan pertama kali pada 2016 oleh mantan karateka profesional Indonesia Umar Syarief dan istrinya Ai Lee yang juga seorang atlet. "Keduanya sama-sama suka Zumba, tapi karena mereka basic-nya powerful maka mereka ingin bikin sesuatu yang berbeda. Jadilah Strong by Zumba," ujar Laila.

Olahraga yang satu ini tergolong High Intensity Interval Training (HIIT), yaitu olahraga dengan intensitas interval tinggi. Artinya, setiap gerakan dilakukan dengan intensitas yang naik-turuna Dengan begitu, pembakaran lemak bisa lebih efektif.

Tak perlu alat apapun untuk melakukan Strong by Zumba karena mengandalkan beban tubuh sendiri seperti body-weight training. Olahraga ini memadukan gerakan-gerakan basic seperti jumping jack, push-up, plank, burpee, sit-up dan squat. Teknik yoga dan pilates juga diadopsi untuk Strong by Zumba. Menariknya juga, olahraga ini diiringi musik yang sudah dibuat secara khusus sehingga iramanya sesuai dengan gerakan yang dilakukan.

Dipaparkan Laila, Strong by Zumba terdiri dari enam fase yakni pemanasan, kuadran satu hingga empat, dan pendinginan. "Kuadran satu hingga tiga, dilakukan sambil berdiri. Kuadran empat di lantai seperti kita melakukan yoga," jelas Laila.



Melakukan Strong by Zumba selama 60 menit sama dengan membakar 500-1000 kalori. Laila pun sangat merekomendasikan olahraga ini bagi mereka yang ingin memiliki tubuh ramping dengan otot yang lebih kencang atau toned.

Itu mengapa pula aktris Julie Estelle sangat menyukai Strong by Zumba. Sudah dua bulan terakhir aktris Indonesia berdarah Prancis ini melakoni olahraga tersebut. "Selain karena untuk toning dan leaning, Strong by Zumba juga bisa buat melatih mental kita agar tak mudah menyerah. Soalnya gerakannya intens banget," ungkap Julie.

Julie bukan satu-satunya artis Tanah Air yang kepincut dengan Strong by Zumba. Olahraga ini rupanya juga menjadi andalan Sejumlah selebriti Indonesia. "Mereka bahkan sudah punya sertifikat buat jadi trainer. Ada Dian Sastrowardoyo, Gisella, Adinia Wirasti. Tapi meraka nggak melatih, cuma ingin untuk mendapat ilmunya saja," kata Laila.



Simak Video "Hijabers, Perhatikan 4 Bahan Pakaian Olahraga Kamu!"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)