Mengenal Diet Ketogenic yang Bikin Maia Turun Berat Badan 4 Kg Sebulan

Hestianingsih - wolipop Selasa, 09 Jul 2019 11:22 WIB
Foto: Palevi S/detikHOT Foto: Palevi S/detikHOT

Jakarta - Maia Estianty menjaga berat badannya tetap ideal dengan menjalani diet ketogenic. Hal itu diungkapkan ibu tiga anak ini kepada follower-nya di Instagram.

Satu bulan menjalani diet ketogenic, Maia mengaku berat badannya turun hingga 4 kg. Bobotnya tetap berkurang meski ia tidak mengikuti aturan diet dengan ketat.

"sebulan turun 4 kg... (tapi aku termasuk yg lazy keto, alias kurang strict, tapi tetep turun)," tulis Maia, menjawab salah satu pertanyaan netizen.


Mengenal Diet Ketogenic yang Bikin Maia Turun Berat Badan 4 Kg SebulanMaia Estianty dan Irwan Musry. Foto: instagram

Diet ketogenic, atau singkatnya disebut dengan diet keto, merupakan pola makan yang membatasi konsumsi karbohidrat seminimal mungkin dan meningkatkan asupan protein serta lemak. Menurut nutritionist Scott Keatley, R.D., asupan lemak akan diolah tubuh menjadi energi, sehingga bisa menggantikan karbohidrat sebagai sumber tenaga.

Saat diet ketogenic, 60 sampai 75 persen asupan kalori berasal dari lemak dan 15 hingga 30 kalori datang dari protein. Sisanya yakni 5 hingga 10 persen berasal dari karbohidrat.

Dua hingga tujuh hari pertama diet keto, pediet akan mengalami fase yang dinamakan ketosis, kondisi di mana tubuh tidak memiliki cukup karbohidrat untuk digunakan sebagai energi bagi sel-sel. Dalam kondisi tersebut, tubuh akan beradaptasi membentuk ketone, senyawa organik yang dimanfaatkan tubuh sebagai pengganti karbohidrat yang hilang.

[Gambas:Instagram]


Selain itu tubuh juga akan membakar lemak untuk mendapatkan tambahan energi, agar sel-sel bisa bekerja dengan normal kembali.

Sumber protein biasanya didapat dari daging hewani, telur, atau jantung hewani. Sementara lemak didapatkan dari konsumsi minyak zaitun, minyak sayur, alpukat, santan dan minyak canola.

Simak Video "Tulang-tulang Hewan Ini Disulap Jadi Jam Tangan Kece"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)