Ups, 33% Wanita Tak Tahu Cara Membasuh Miss V yang Benar setelah Buang Air

Hestianingsih - wolipop Rabu, 03 Jul 2019 10:54 WIB
llustrasi wanita di kamar kecil. Foto: Thinkstock llustrasi wanita di kamar kecil. Foto: Thinkstock

Jakarta - Sudah benarkah cara kamu membasuh Miss V setelah buang air kecil (BAK) atau buang air besar (BAB)? Sebuah penelitian mengungkap fakta mengejutkan. Sedikitnya 1 dari 3 wanita melakukan kesalahan saat membasuh area intim mereka sehabis buang air, yang bisa menyebabkan infeksi hingga penyakit serius.

Penelitian yang digelar Tap Warehouse menunjukkan bahwa 33 persen wanita mengaku membasuh Miss V dari arah belakang ke depan setelah BAK atau BAB. Kebiasaan ini ternyata membahayakan kesehatan reproduksi.

Dijelaskan Dr Luke Powles dari Bupa UK, perusahaan asuransi kesehatan asal Inggris, saluran kencing dan lubang anus pada wanita letaknya sangat berdekatan. Anatomi tubuh inilah yang membuat wanita lebih sering mengalami infeksi salurang kencing, inkontinensia urin atau 'beser' ketimbang pria.


Ups, 33% Wanita Tak Tahu Cara Membasuh Miss V yang Benar setelah Buang AirFoto: Thinkstock

Untuk menghindari kontaminasi feses dari anus ke Miss V, maka disarankan membasuhnya dari depan ke belakang. Jika dilakukan dengan cara sebaliknya, wanita bisa berisiko mengalami infeksi saluran kencing.

Seperti diketahui, dalam feses manusia terdapat bakteri, kuman hingga cacing. Jika kamu membasuh Miss V dari belakang ke depan, besar kemungkinan bakteri atau kuman dari anus akan menyebar ke saluran kencing.


Beberapa gejala infeksi saluran kencing adalah frekuensi ingin BAK meningkat, tapi urine yang keluar tidak banyak. Kondisi ini biasa dikenal dengan 'anyang-anyangan'.

Gejala lainnya adalah rasa sakit atau perih ketika BAK, bau urine tak sedap, cairan urine berwarna kemerahan atau keruh, dan area perut bawah terasa nyeri. Terkadang gejala juga disertai lelah dan demam.

Simak Video "Ramai Video Tisu Toilet Marks & Spencer Berlafadz Allah"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)